Pj Gubernur Banten Lantik Gunawan Rusminto Sebagai Pj Bupati Lebak

Pj Gubernur Banten Lantik Gunawan Rusminto Sebagai Pj Bupati Lebak

FOKUS BANTEN
- Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar, resmi melantik Gunawan Rusminto sebagai Penjabat (Pj) Bupati Lebak. Pelantikan ini berlangsung di Pendopo Gubernur Banten, KP3B Curug, Kota Serang, pada Sabtu malam (10/8/2024). Penunjukan ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3-3325/2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Bupati Lebak Provinsi Banten.

Tugas Utama Pj Bupati: Pilkada dan Pembangunan Daerah

Dalam sambutannya, Al Muktabar menekankan bahwa Gunawan Rusminto memiliki beberapa tugas penting, termasuk memfasilitasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Lebak pada tahun 2024 dan menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN). Selain itu, Pj Bupati juga diwajibkan untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur setiap tiga bulan.

“Malam hari ini kita lakukan pelantikan, karena asasnya tidak boleh terdapat kekosongan jabatan Kepala Daerah,” jelas Al Muktabar.

Pentingnya Rencana Pembangunan Jangka Menengah

Pj Gubernur Banten Lantik Gunawan Rusminto Sebagai Pj Bupati Lebak

Al Muktabar juga menegaskan pentingnya mempersiapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk lima tahun ke depan. Dokumen ini akan menjadi dasar bagi Bupati terpilih dalam menjalankan visi dan misinya.

“Pastikan betul agenda kerja itu telah sesuai dengan garis hirarkinya, yakni RPJMD. Karena dokumen itu yang akan dilaksanakan oleh Bupati terpilih dalam visi misi Bupati terpilih,” ucapnya.

Dukungan Pemerintah Pusat

Pj Gubernur Banten Lantik Gunawan Rusminto Sebagai Pj Bupati Lebak

Gunawan Rusminto, yang juga menjabat sebagai Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Provinsi Banten, mengungkapkan komitmennya untuk menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Ia menyadari beratnya tanggung jawab yang diembannya, namun dengan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan dan arahan dari Pj Gubernur, ia yakin tugas-tugas tersebut dapat dilaksanakan dengan baik.

“Saya mohon doanya, mudah-mudahan apa yang menjadi amanah dari pimpinan dan pemerintah pusat kepada kami akan kami laksanakan dengan baik,” pungkasnya.

*/Red

LihatTutupKomentar