Gubernur Banten Resmikan MTQ XXI 2024: Penggalian Potensi Raih Prestasi

Gubernur Banten Resmikan MTQ XXI 2024

Buka MTQ XXI Provinsi Banten Tahun 2024: Pj Gubernur Al Muktabar Sebut Ajang Penggalian Potensi Untuk Raih Prestasi Terbaik

Pada Rabu malam, 24 Juli 2024, Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar secara resmi membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXI tingkat Provinsi Banten.

Acara ini menjadi ajang penting untuk menggali potensi guna meraih prestasi terbaik di tingkat provinsi dan nasional.

Pentingnya MTQ Sebagai Wahana Silaturahmi

Pentingnya MTQ Sebagai Wahana Silaturahmi

Al Muktabar menekankan bahwa Pemprov Banten berharap acara MTQ ini dapat dimanfaatkan secara optimal sebagai wahana silaturahmi.

Acara ini diharapkan dapat memantapkan jalinan ukhuwah islamiyah, serta menjadi pondasi bagi terciptanya ukhuwah basyariyah (persaudaraan antar sesama bangsa) dan ukhuwah wathoniyah (persaudaraan atas dasar kesamaan tanah air).

"Sebagai sebuah kompetisi, MTQ XXI tingkat Provinsi Banten ini hendaknya dapat menjadi ajang untuk berlomba-lomba dalam kebaikan dan menjadi momen pembinaan kafilah, khususnya qori/qoriah, hafidz/hafidzah serta peserta MTQ di cabang lainnya yang berasal dari delapan Kabupaten dan Kota," ujarnya.

Baca juga: Info Terbaru MTQ Banten 2024: Jadwal, Cabang Lomba, dan Lokasi Venue

Ajang Penggalian Potensi dan Prestasi

Al Muktabar menegaskan bahwa MTQ ini dijadikan sebagai ajang penggalian potensi yang diharapkan dapat meraih prestasi terbaik. Ia berharap peserta dari Provinsi Banten bisa menjadi duta-duta dalam ajang MTQ Nasional.

"Kita harapkan nanti Provinsi Banten bisa meraih prestasi terbaik," pungkasnya.

Rangkaian Pembukaan MTQ XXI Provinsi Banten Tahun 2024

Rangkaian Pembukaan MTQ XXI Provinsi Banten Tahun 2024

Seremoni Pembukaan

Pembukaan MTQ XXI Provinsi Banten Tahun 2024 dimulai dengan tabuhan terbang gede secara bersamaan oleh Pj Gubernur Banten Al Muktabar, diikuti oleh Ketua DPRD Provinsi Banten Andra Soni, jajaran Forkopimda Provinsi Banten, seluruh Kepala Daerah, Ketua Umum LPTQ Provinsi Banten Virgojanti, Kepala Kemenag Provinsi dan Kabupaten/Kota, tokoh pendiri Provinsi Banten, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Defile dan Hiburan

Acara semakin meriah dengan defile kafilah dari delapan Kabupaten dan Kota dan penampilan Gitalis Dwi Natarina atau Gita KDI dari Gambus Elbalasqi. Selanjutnya, piala bergilir dari Kabupaten Tangerang sebagai juara umum MTQ 2023 diserahkan kepada Pemprov Banten.

Baca juga: Pembukaan Bazar Murah MTQ XXI Banten Dorong Ekonomi dan Kendalikan Inflasi

Tema dan Jumlah Peserta MTQ XXI

Tema dan Jumlah Peserta MTQ XXI

Ketua panitia MTQ XXI Tingkat Provinsi Banten, Virgojanti, mengungkapkan bahwa tema utama tahun ini adalah "Melalui MTQ XXI Tingkat Provinsi Banten kita wujudkan masyarakat cinta Al Quran untuk Banten yang maju berdasarkan iman dan taqwa".

Peserta dan Cabang Lomba

Jumlah peserta: 508 orang

Cabang yang dilombakan: 9 cabang yang tersebar di 14 majelis, termasuk:

  • Tilawah
  • Tahfidz
  • Tafsir
  • Syahril Quran
  • Fahmil Quran
  • Khattil Quran atau kaligrafi
  • Karya tulis ilmiah
  • Hafalan hadist
  • Qiroatul qutub

"Mudah-mudahan dengan terselenggaranya MTQ ini kita mendapatkan calon-calon peserta terbaik yang akan mewakili Provinsi Banten pada perhelatan MTQ nasional dan Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hafalan Hadist (STQH) nasional ke-28 tahun 2025 di Kota Samarinda, Kalimantan Timur," jelas Virgojanti.

Apresiasi dan Harapan

Sekretaris Umum LPTQ Pusat, Ahmad Zayadi, mengapresiasi pelaksanaan MTQ ke-XXI tingkat Provinsi Banten yang berjalan meriah. Menurutnya, acara ini membuktikan bahwa Pemprov Banten peduli akan syiar Islam di tengah kemajemukan masyarakat Banten.

"Karena sejatinya, Al Quran itu tidak hanya meneduhkan untuk dibaca, tapi juga mempersatukan dan sumber inspirasi yang begitu indah untuk kita jadikan sebagai landasan hidup. Oleh karena itu, Al Quran harus menjadi landasan hidup kita semua, terutama generasi muda dalam rangka mewujudkan Indonesia emas 2045," ucap Zayadi.

Baca juga: Pesan Al Muktabar Saat Kukuhkan Dewan Hakim MTQ XXI Banten 2024

Dengan adanya MTQ XXI ini, diharapkan Provinsi Banten bisa terus melahirkan generasi yang cinta Al Quran, berprestasi, dan mampu membawa nama baik daerah di kancah nasional.

(*/Fuad)

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru