Pesan Al Muktabar Saat Kukuhkan Dewan Hakim MTQ XXI Banten 2024

Daftar Isi

Al Muktabar: Dewan Hakim MTQ XXI Banten 2024 Siap Jaring Qori Terbaik

FOKUS BANTEN
- Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar, menekankan pentingnya tugas Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XXI Provinsi Banten Tahun 2024 untuk menjalankan fungsinya dengan penuh tanggung jawab. Ia berharap dewan hakim dapat menjaring qori-qoriah terbaik yang akan mengharumkan nama Banten di tingkat nasional dan internasional.

"Dewan hakim akan menjadi pemandu kita untuk nanti mendapatkan qori-qoriah pada tingkatan selanjutnya, kita berharap dapat meningkatkan Provinsi Banten di tingkat nasional serta bila memungkinkan di tingkat internasional," ujar Al Muktabar usai mengukuhkan Dewan Hakim MTQ XXI di Pendopo Gubernur Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Rabu (24/7/2024).

Al Muktabar berharap kafilah Provinsi Banten nantinya pada MTQ nasional dapat meraih prestasi terbaik. "Kita harap pada tingkat nasional nanti akan mendapatkan predikat yang terbaik untuk Banten, sesuai kemampuan dan kompetensi yang dimiliki," katanya.

Ia menambahkan bahwa target Banten adalah menjadi bagian dari kebanggaan warga Provinsi Banten. "Targetnya kita tentu harus seoptimal mungkin untuk bisa menjadi bagian dari kebanggaan dari warga Provinsi Banten," sambungnya.

Dewan hakim pada MTQ XXI tingkat Provinsi Banten terdiri dari dewan hakim usulan Kabupaten/Kota serta dewan hakim Provinsi Banten yang telah melalui berbagai rangkaian seleksi yang dilakukan oleh panitia.

"Untuk netralitas karena sudah ada sumpah janji dewan hakim dan pada pelaksanaannya ada kode etik hingga pengawasan yang dilakukan dewan pengawas, maka diharapkan instrumen itu dapat digunakan dengan sebaik mungkin," imbuhnya.

Al Muktabar juga mengajak seluruh masyarakat untuk turut memeriahkan pelaksanaan MTQ XXI tingkat Provinsi Banten.

"Kita mengundang seluruh masyarakat untuk bisa menyaksikan, datang dan menyimak. Kalau mungkin ingin mempelajari lebih dalam tentang keislaman, maka ini momentumnya untuk terus menerus mempelajari itu sehingga kita mendapatkan berkah," jelasnya.

Kukuhkan Dewan Hakim MTQ XXI Banten, Al Muktabar Tekankan Profesionalisme
Ketua Harian LPTQ Provinsi Banten, Prof Soleh Hidayat, mengatakan pihaknya telah memberikan orientasi terkait kode etik dan tata tertib dewan hakim. Dengan pembekalan tersebut, diharapkan dewan hakim dapat bekerja adil, objektif, profesional, serta netral.

"Lantaran hal itu akan berdampak pada kualitas peserta yang akan dihasilkan nantinya, mudah-mudahan dengan telah disampaikan pada orientasi dewan hakim memiliki komitmen yang sama dalam melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Baca juga: Pembukaan Bazar Murah MTQ XXI Banten Dorong Ekonomi dan Kendalikan Inflasi

Prof Soleh Hidayat menambahkan bahwa terdapat 146 dewan hakim yang dikukuhkan, terdiri dari 96 dewan hakim perwakilan Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten, 40 dewan hakim Provinsi Banten, dan 10 dewan hakim nasional. MTQ XXI tingkat Provinsi Banten tahun 2024 ini diikuti oleh 506 peserta dari perwakilan Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten.

"Dengan adanya dewan hakim nasional ini dalam rangka melahirkan peserta yang berkualitas," pungkasnya.

(*/Fuad)