Pj Gubernur Banten Siapkan Sarana Prasarana untuk Geopark Nasional Ujung Kulon

Pj Gubernur Banten Siapkan Sarana Prasarana untuk Geopark Nasional Ujung Kulon

FOKUS BANTEN
- Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar, menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten terus melaksanakan pembangunan untuk mendukung Taman Bumi (Geopark) Nasional Ujung Kulon.

"Geopark Ujung Kulon dibangun dalam rangka pelestarian alam, memelihara warisan geologi, dan peningkatan ekonomi masyarakat," kata Al Muktabar usai menghadiri Pembukaan Ujung Kulon Culture Festival (UCF) di Taman Edukasi Ujung Kulon, Kecamatan Sumur, Pandeglang, Sabtu (27/7/2024).

Fokus Pembangunan Geopark Nasional Ujung Kulon

Fokus Pembangunan Geopark Nasional Ujung Kulon

Al Muktabar menjelaskan bahwa Ujung Kulon merupakan wilayah di Banten yang sudah dikenal oleh masyarakat dunia. Sejak 10 November 2023, kawasan Ujung Kulon telah ditetapkan sebagai Geopark Nasional.

"Ini sangat berdampak untuk peningkatan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Menurut Al Muktabar, penetapan Ujung Kulon sebagai Geopark Nasional akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Ujung Kulon. Selain itu, kawasan ini akan menjadi pusat studi geologi, budaya, dan lainnya, yang akan mengundang kedatangan para peneliti dan akademisi.

"Kita siapkan sarana dan prasarana, serta masyarakatnya untuk bisa memetik manfaatnya," tandasnya.

Baca juga: Pembangunan Jalan Sumur-Taman Jaya: Harapan Baru untuk Pertumbuhan Ekonomi Banten

Pembangunan Infrastruktur dan Sumber Daya Manusia

Pembangunan Infrastruktur dan Sumber Daya Manusia

Untuk mendukung Geopark Nasional Ujung Kulon, Pemprov Banten terus melakukan pembangunan sesuai dengan kewenangan yang dimiliki. Al Muktabar merinci, dalam bidang infrastruktur jalan, Pemprov Banten sudah melaksanakan pembangunan jalan Tanjung Lesung - Sumur, dan saat ini sedang melaksanakan pembangunan Jalan Sumur - Taman Jaya.

Dalam bidang pertanian, Pemprov Banten sedang menggalakkan budi daya bawang merah.

"Alhamdulillah, bawang merah dari sini secara kualitas tidak kalah dengan produksi dari daerah lain," ungkap Al Muktabar.

Selain itu, Pemprov Banten juga sedang menyiapkan sumber daya manusia kreatif dalam hal kerajinan. Pihaknya terus melakukan pembinaan terhadap masyarakat untuk mengembangkan seni kerajinan, salah satunya membatik.

Dukungan dari Bupati Pandeglang dan Kementerian ESDM

Dukungan dari Bupati Pandeglang dan Kementerian ESDM

Bupati Pandeglang, Irna Narulita Dimyati, mengatakan bahwa kawasan Ujung Kulon memiliki daya dukung yang mumpuni sehingga ditetapkan sebagai Geopark Nasional.

Kawasan Ujung Kulon memiliki warisan geologi dunia, seperti batuan endapan tsunami 1883, keanekaragaman hayati yang langka di dunia yakni Badak Cula Satu, serta keanekaragaman budaya lokal dan beragam produk kreatif masyarakat.

Sementara itu, Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Muhammad Wafik, mengatakan bahwa Geopark Ujung Kulon dapat meningkatkan citra Indonesia di dunia.

"Selain itu, merupakan pendorong ekonomi di daerah yang jauh dari pusat-pusat perekonomian," tambahnya.

Ia berharap Ujung Kulon dapat menjadi model pengelolaan kawasan berkelanjutan, mengintegrasikan konservasi, edukasi, dan pembangunan ekonomi dengan mengutamakan partisipasi masyarakat.

Kegiatan Ujung Kulon Culture Festival

Kegiatan Ujung Kulon Culture Festival

Ujung Kulon Culture Festival merupakan upaya sosialisasi Ujung Kulon sebagai Geopark Nasional. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 27 hingga 29 Juli 2024.

Dalam kegiatan tersebut ditampilkan beragam kebudayaan setempat, pameran produk UMKM, kemping pelajar SMA/SMK se-Kabupaten Pandeglang, dan Rally Tour Offroad IOF Kabupaten Pandeglang.

Pada pembukaan UCF, dilaksanakan pelepasan Rally Tour Offroad dan Restorasi Sejuta Terumbu Karang oleh Pj Gubernur Banten Al Muktabar.

Selain itu, dilakukan penyerahan Sertifikat Geopark Nasional Ujung Kulon dari Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Muhammad Wafik kepada Bupati Pandeglang Irna Narulita Dimyati, yang disaksikan oleh Pj Gubernur Banten Al Muktabar.

(*/Red)

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru