Caleg Partai Koalisi Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Bergabung ke Prabowo-Gibran

Pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo-Gibran

Relawan Santri Milineal Banten ‘Culik’ Caleg PKB, PPP, dan PKS di Banten

FOKUS BERITA BANTEN - Sejumlah calon anggota legislatif (Caleg) DPRD Provinsi Banten dan Kabupaten Serang dari partai koalisi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD beralih dukungan ke pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Para caleg tersebut berasal dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Mereka menyatakan bergabung dengan relawan Santri Milineal Banten, yang merupakan salah satu tim pemenangan Prabowo-Gibran di Banten.

Baca juga: Prabowo-Gibran Unggul Telak di Banten, Alvara: Sulit Terkejar

Santri Milineal Banten dipimpin oleh KH Matin Syarkowi, pengasuh Pondok Pesantren Al Fathaniyah Kota Serang.

Matin Syarkowi mengaku sebagai ‘penculik’ para caleg dan relawan partai lain yang datang ke markasnya di Kebun Kebangsaan, Walantaka, Kota Serang.

“Saya penculik yang hebat, karena mereka datang ke sini sendiri, layaknya diculik ke tempat lain. Wong kita menerima tamu, memuliakan tamu kan pahala,” kata Matin Syarkowi, Kamis (8/2/2024).

Menurut Matin, para caleg dan relawan yang bergabung dengan Santri Milineal Banten memiliki nurani dan pandangan sendiri.

“Jangan mengecilkan arti seperti ini (caleg dan relawan) punya nurani, punya pandangan, kan sudah dewasa mereka,” ujar Matin.

Caleg PKB Dukung Prabowo-Gibran Sejak Januari

Catatan Kompas.com, perpindahan dukungan para caleg partai koalisi Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud ke Prabowo-Gibran terjadi sejak Januari 2024.

Pada Rabu (17/1/2024), tiga caleg PKB yang seharusnya mendukung Anies-Muhaimin menyatakan dukungan kepada Prabowo-Gibran.

Ketiga caleg itu yakni Enung Nurhayati dan Euis Rahmawati caleg DPRD Banten dapil Pandeglang nomor urut masing-masing 6 dan 9.

Kemudian Eni Suheni caleg DPRD Kabupaten Pandeglang dapil 2 nomor urut 3.

Caleg PPP Ikut Bergabung ke Prabowo-Gibran

Selanjutnya, pada Selasa (23/1/2024) giliran tiga caleg PPP yang seharusnya memperjuangkan kemenangan Ganjar-Mahfud menyusul bergabung dengan relawan Prabowo-Gibran.

Ketiganya yakni Tuti Alawiyah caleg PPP daerah pemilihan (dapil) Serang 1, H. Rokib caleg PPP dapil Serang 3, dan Namami caleg PPP dapil Serang 4.

Caleg PKS Terakhir Bergabung ke Prabowo-Gibran

Terakhir, pada Kamis (8/2/2024), caleg DPRD Kabupaten Serang dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan secara terbuka bergabung mendukung pasangan nomor urut 2.

PKS juga merupakan partai pendukung Ganjar-Mahfud di Pemilu 2024.

Dengan bergabungnya para caleg partai koalisi Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud ke Prabowo-Gibran, maka persaingan di Banten semakin ketat.

Banten merupakan salah satu basis suara Prabowo Subianto sejak Pemilu 2019.

Namun, di Pemilu 2024, Prabowo Subianto harus bersaing dengan Anies Baswedan, yang juga memiliki popularitas tinggi di Banten.

Sementara itu, Ganjar Pranowo-Mahfud MD berusaha menarik simpati masyarakat Banten dengan mengusung isu-isu pembangunan dan pemberantasan korupsi.

Pemilu 2024 akan digelar pada 14 Februari 2024. (*/Red)

Baca juga: Beralih Dukungan ke Prabowo-Gibran, Caleg PPP Banten Bergabung dengan Santri Milenial

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru