Dinkes Tangsel Siagakan 108 Nakes dan Ambulan untuk Pemilu 2024

Daftar Isi

ilustrasi tenaga kesehatan pemilu

FOKUS BERITA TANGERANG SELATAN
- Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan menyiagakan 108 tenaga kesehatan (Nakes) untuk mendukung kelancaran Pemilu 2024. Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie pada Jumat (26/1/2024).

Menurut Benyamin, Nakes yang disiagakan akan berpatroli ke tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh wilayah Tangsel. Mereka akan siaga 24 jam bersama dokter jaga yang bergiliran.

“Nanti mereka mulai H-1 pelaksanaan pencoblosan sampai sepekan ke depan ngider ke seluruh TPS, dengan membawa keperluan obat-obatan yang dibutuhkan,” ujar Benyamin.

Tujuan dari penyiagaan Nakes ini adalah untuk mengantisipasi kemungkinan gangguan kesehatan terhadap para petugas penyelenggara pemilu 2024. Benyamin juga menambahkan bahwa per kecamatan akan disiagakan satu armada ambulan.

Pelayanan Medis Melalui PSC 119 atau Puskesmas

Kepala Dinas Kesehatan Tangsel, Allin Hendalin Mahdaniar, mengatakan bahwa selain Nakes yang berpatroli, tim kesehatan lainnya juga disiagakan di setiap kecamatan. Mereka akan standby hingga pukul 9 malam dan seterusnya hingga proses pelaksanaan dan penghitungan suara selesai.

Allin juga menjelaskan bahwa jika ada petugas pemilu yang butuh pelayanan medis, mereka akan diarahkan untuk menghubungi Public Safety Center (PSC) 119 atau ke Puskesmas terdekat yang memiliki fasilitas rawat inap. Petugas akan memberi arahan sesuai kebutuhan pelayanan medis.

Allin mengungkapkan bahwa penyiagaan Nakes ini dilakukan dengan pertimbangan refleksi Pemilu 2019. Saat itu, banyak petugas penyelenggara pemilu yang meninggal dunia akibat kelelahan dan stres. (*/Red)

Baca juga: Santunan Rp4 Juta untuk Petugas Ad Hoc Pemilu yang Gugur di Tangsel