Bulan K3, Pj Gubernur Banten Ajak Tingkatkan Budaya Kerja Aman dan Sehat

Daftar Isi

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Pemerintah, pekerja dan perusahaan diharapkan dapat bersinergi dalam menerapkan standar operasional kerja yang sesuai dengan K3

FOKUS CILEGON - Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengajak pemerintah, pekerja dan perusahaan untuk terus menanamkan budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) saat bekerja. Hal ini disampaikan dalam Apel Peringatan Bulan K3 yang digelar di Stadion Krakatau Steel, Kota Cilegon, Rabu (24/1/2024).

“Kita memperingati Bulan K3 yang dilakukan di Kota Cilegon. Kegiatan ini dihadiri oleh segenap perusahaan dari berbagai jenis aktivitas kegiatan industrinya,” kata Al Muktabar.

Menurutnya, peringatan Bulan K3 yang berlangsung dari 12 Januari hingga 12 Februari ini menjadi momentum bersama untuk melakukan introspeksi dan evaluasi terhadap pelaksanaan K3 di lingkungan kerja. Ia berharap, hal ini dapat menjadi perbaikan untuk lebih baik ke depannya.

“Kita juga mendorong pengawas ketenagakerjaan untuk dapat dioptimalkan. Ini memerlukan kesadaran bersama,” ujarnya.

Baca juga: BPK Temukan Pelanggaran Kontrak dalam Pembangunan Jalan di Banten, Rugikan Negara Rp11,82 Miliar

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten Septo Kalnadi mengatakan, tujuan dari peringatan Bulan K3 adalah untuk meningkatkan produktivitas perusahaan, serta menghindari kecelakaan akibat kerja maupun akibat penyakit di lingkungan kerja.

“Jadi keselamatan dan kesehatan kerja bertujuan, salah satunya untuk bagaimana meningkatkan produktivitas perusahaan. Serta menghindari adanya fatality accident yang menyebabkan kecelakaan,” tuturnya.

Ia mengimbau kepada para pekerja dan perusahaan untuk dapat lebih memperhatikan standar operasional pada saat bekerja, serta meningkatkan budaya K3 di setiap perusahaan.

“Memang standar operasional bekerja di tiap perusahaan itulah yang menjadi pangkal. Karena apabila terlalu menganggap remeh dan tidak menjalankan standar operasional itu selalu menjadi pangkal dari kecelakaan kerja di perusahaan,” jelasnya.

Septo menambahkan, pada Apel Bulan K3 tersebut diikuti sekitar 250 pekerja yang menjadi perwakilan dari 130 perusahaan yang ada di Kota Cilegon. Selain itu, ia mengungkapkan peringatan bulan K3 tersebut juga akan dilakukan di Kabupaten/Kota lainnya.

“Selain apel, pada Peringatan Bulan K3 ini terdapat kegiatan seminar, perlombaan pemadaman api hingga kegiatan donor darah,” pungkasnya.

*/Red