Investasi dan Lingkungan Jadi Fokus Utama Pj Gubernur Banten di Cilegon

pj-gubernur-banten-dorong-kota-cilegon-investasi-berkelanjutan

FOKUS BERITA CILEGON
- Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar, menegaskan pentingnya Kota Cilegon untuk terus berperan sebagai daerah tujuan investasi strategis. Hal ini disampaikan Al Muktabar dalam Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kota Cilegon Masa Jabatan 2024-2029, yang berlangsung di Gedung DPRD Kota Cilegon, Rabu (4/9/2024).

Al Muktabar menekankan bahwa Kota Cilegon, sebagai salah satu basis pembangunan hilirisasi di Indonesia, harus mampu mempertahankan layanan yang ada, serta memastikan keberlanjutan daya dukung lingkungan dan partisipasi masyarakat.

"Kota Cilegon harus memberikan daya dukung lingkungan yang baik dan melibatkan masyarakat dalam proses pembangunan," ujar Al Muktabar.

Dalam kesempatan tersebut, Al Muktabar juga mengucapkan selamat kepada para anggota DPRD Kota Cilegon yang baru dilantik. Ia mengingatkan pentingnya pelaksanaan fungsi legislasi, penganggaran, dan pengawasan oleh DPRD.

"Tugas besar menanti, seperti penyusunan anggaran 2025 dan rencana pembangunan jangka menengah serta panjang," jelasnya.

Pj Gubernur juga menyoroti pentingnya peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam menghadapi tantangan masa depan, terutama dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Ia optimis bahwa dengan sumber daya alam yang melimpah dan sumber daya manusia yang unggul, kesejahteraan masyarakat Indonesia dapat segera tercapai.

Lebih lanjut, Al Muktabar mengapresiasi inovasi yang dilakukan Kota Cilegon dalam upaya meningkatkan pendapatan daerah. Ia mengungkapkan bahwa pada tahun 2025, dana bagi hasil Kabupaten/Kota akan langsung dibayarkan di muka dengan opsen hingga 60 persen, sebagai bagian dari upaya intensifikasi dan ekstensifikasi pendapatan daerah.

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian, melalui sambutan yang dibacakan oleh Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian, juga mengucapkan selamat atas dilantiknya anggota DPRD Kota Cilegon masa jabatan 2024-2029. Mendagri mengingatkan pentingnya peran DPRD dalam menyusun peraturan daerah yang sejalan dengan aspirasi masyarakat, serta dalam mengawal penyelenggaraan pemerintahan daerah yang efektif dan Pilkada Serentak 2024.

Acara pengucapan sumpah/janji oleh 40 anggota DPRD Kota Cilegon dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Serang, Yunto Safarillo Hamonangan Tampubolon. Adapun pimpinan sementara DPRD Kota Cilegon 2024-2029 adalah Rizki Haerul Ihwan sebagai Ketua dan Sohidin sebagai Wakil Ketua.

LihatTutupKomentar