KPK Tutup Roadshow 2024 di Banten, Partisipasi Masyarakat Meningkat Tajam

kpk-tutup-roadshow-banten

FOKUS BERITA BANTEN
- Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar, secara resmi menutup rangkaian acara Roadshow Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2024 yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Banten, KP3B, Kota Serang, pada Minggu (8/9/2024). Dalam kesempatan tersebut, Al Muktabar menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi masyarakat Banten selama acara berlangsung.

Al Muktabar menegaskan bahwa antusiasme masyarakat Banten dalam mengikuti Roadshow Bus KPK sangat besar. Ia berharap semangat antikorupsi dapat terus tumbuh dan berkembang dalam kehidupan sehari-hari.

"Partisipasi masyarakat Banten dalam roadshow bus KPK 2024 ini sangat tinggi. Mudah-mudahan dengan demikian, saling mengingatkan antar sesama dapat menumbuhkan budaya antikorupsi yang berdampak positif ke depannya," ujar Al Muktabar.

Lebih lanjut, Al Muktabar menekankan pentingnya upaya bersama dalam memerangi korupsi yang harus terus-menerus digiatkan. Ia menyatakan bahwa sebagai manusia, kita tidak luput dari kesalahan, namun kesadaran kolektif perlu ditingkatkan.

"Yang paling mendasar tentu adalah keluarga, kemudian lingkungan sekitar, tempat kerja, serta para Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai penyelenggara negara. Pesan-pesan yang disampaikan KPK selama tiga hari ini harus menjadi pedoman kita semua," tambahnya.

Al Muktabar juga menyampaikan terima kasih kepada KPK yang terus memberikan bimbingan kepada Pemerintah Provinsi Banten, terutama terkait pengelolaan aset daerah dan kepegawaian. Ia menyebut bahwa arahan dari KPK telah berkontribusi terhadap stabilitas Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Banten.

"Semua yang kita lakukan ini pada dasarnya dipersembahkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, dengan peta jalan yang terukur dan terarah demi mencapai tujuan bersama," pungkas Al Muktabar.

Pencapaian Selama Roadshow Bus KPK 2024

Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK RI, Amir Arief, menjelaskan bahwa selama empat bulan pelaksanaan roadshow, Bus KPK telah menjelajahi Pulau Jawa dari Madura hingga penutupan di Provinsi Banten. Roadshow ini telah mengunjungi 14 kota dengan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk pendidikan dan pencegahan korupsi.

"Jumlah peserta yang teredukasi tentang pencegahan korupsi di Provinsi Banten adalah yang terbesar tahun ini," ujar Amir.

Sebanyak 213.700 orang mengikuti program pendidikan dan pencegahan korupsi secara langsung, sementara sekitar 170.000 orang berpartisipasi melalui platform daring seperti Zoom, media sosial, dan streaming. Selain itu, layanan publik yang dibuka sejak hari pertama oleh Pemerintah Provinsi Banten telah melayani 1.019 orang, sehingga total peserta yang terlibat dalam seluruh kegiatan mencapai sekitar 384.719 orang.

Penutupan Dimeriahkan Berbagai Lomba

Pada hari terakhir roadshow, acara dimeriahkan oleh berbagai kegiatan, termasuk lomba sepeda dorong untuk anak-anak, futsal, serta senam "Hajar Serangan Fajar" yang diikuti oleh perwakilan dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten.


Amir menjelaskan bahwa senam "Hajar Serangan Fajar" ini merupakan inisiatif KPK menjelang pelaksanaan Pilkada serentak pada November 2024. Selain menyampaikan pesan antikorupsi, KPK juga menggiatkan kampanye antipolitik uang dalam kegiatan ini.

LihatTutupKomentar