Banten Siapkan Pemilukada 2024 dengan Fokus pada Partisipasi Aman dan Tertib

bawaslu-banten-sosialisasi-pengawasan-pilkada-serentak

FOKUS BERITA BANTEN
- Pemerintah Provinsi Banten mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 dengan tertib, aman, dan lancar. Pj Gubernur Banten, Al Muktabar, melalui Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Komari, menyampaikan harapan ini pada acara Semarak Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah di Alun-alun Barat Kota Serang, Sabtu (31/8/2024).

"Kami sangat berharap partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024 berjalan lancar, tertib, dan aman,” ujar Komari.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai unsur masyarakat, instansi penyelenggara pemilu, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), serta Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa (PKD) se-Provinsi Banten. Pemerintah Provinsi Banten juga mengajak seluruh pihak untuk bekerja sama menjaga stabilitas daerah selama pelaksanaan Pilkada 2024.

"Di sejumlah wilayah yang dipetakan rawan dalam Pilkada 2024 di Banten, kami optimistis masalah dapat diatasi dengan kerja sama yang baik antara penyelenggara Pilkada dan masyarakat. Insya Allah, penyelenggaraan Pilkada di Banten akan lancar dan sukses,” tambahnya.

Ketua Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI), Rahmat Bagja, menekankan pentingnya konsistensi dalam pengawasan Pemilihan Umum Kepala Daerah. Ia menyebutkan bahwa ada dua tugas utama Bawaslu bersama Panwascam dan PKD, yaitu mencegah dan menindak pelanggaran dalam Pilkada serentak 2024.

"Tugas kita dalam pengawasan ada dua hal yaitu mencegah dan menindak. Saya ucapkan selamat bertugas, selamat mengawasi. Bersama rakyat kita awasi pemilu dan bersama Bawaslu kita tegakkan keadilan Pemilu," tegas Rahmat Bagja.

Ia juga mengimbau kepada seluruh Panwascam dan TKD di Provinsi Banten agar mempersiapkan diri lebih baik, terutama di daerah yang memiliki lebih dari tiga calon Kepala Daerah. Hal ini penting untuk mencegah terulangnya pengalaman Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang pernah terjadi sebelumnya.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten, Ali Faisal, menyatakan bahwa kegiatan Semarak Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024 dirangkaikan dengan jalan sehat. Acara dimulai dari Kantor Bawaslu Provinsi Banten dan berakhir di Alun-alun Barat Kota Serang, dilanjutkan dengan peluncuran pengawasan bersama seluruh Bawaslu Kabupaten/Kota, Panwascam, dan TKD se-Provinsi Banten.

"Jadi, hari ini kita berkumpul untuk bersilaturahmi dan menyampaikan kepada publik bahwa Bawaslu siap menyelenggarakan Pilkada serentak 2024 di Provinsi Banten. Kami juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait tahapan-tahapan yang sedang dan akan dilakukan Bawaslu," ungkap Ali Faisal.

Ali juga mengingatkan seluruh Panwascam dan TKD se-Provinsi Banten untuk menjaga netralitas dan tetap independen.

(Ad)

LihatTutupKomentar