Virgojanti Ajak Pemda Perkuat Bank Banten demi Kesejahteraan Masyarakat

Virgojanti Ajak Pemda Perkuat Bank Banten demi Kesejahteraan Masyarakat

FOKUS EKONOMI BANTEN
- Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Banten, Virgojanti, mengajak seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten/Kota untuk memperkuat Bank Banten. Salah satu langkah yang diusulkan adalah dengan mempercayakan pengelolaan rekening kas keuangan daerah kepada Bank Banten.

Seruan ini disampaikan Virgojanti usai menghadiri Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Serang dengan PT Bank Pembangunan Daerah Banten (Perseroda) Tbk atau Bank Banten, yang dilaksanakan di Hotel Aston Serang, Kamis (1/8/2024).

"Saya mengapresiasi PKS ini. Mudah-mudahan bisa menjadi motivasi bagi kita bersama, termasuk Kabupaten dan Kota lainnya, untuk bersama-sama menguatkan Bank Banten," kata Virgojanti.

Menurut Virgojanti, keterlibatan seluruh Pemda diharapkan dapat menjadikan Bank Banten sebagai juara regional dalam pembangunan dan perekonomian di Provinsi Banten.

Virgojanti juga menekankan pentingnya optimalisasi perputaran uang di Banten melalui Bank Banten. "Sehingga pada akhirnya, percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat dilakukan dengan baik," ujarnya.

Direktur Utama Bank Banten, Muhammad Busthami, menyatakan bahwa setelah penandatanganan PKS, pengelolaan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD), termasuk penerimaan pajak dan retribusi daerah, akan dikelola oleh Bank Banten.

"Kami sudah menyiapkan seluruh infrastruktur, mulai dari mesin ATM hingga layanan digital lainnya yang akan memudahkan layanan keuangan bagi para nasabah, termasuk Pemkot Serang," kata Busthami.

Busthami menambahkan bahwa Bank Banten dengan infrastruktur dan SDM yang ada saat ini siap berperan aktif sebagai mitra seluruh Pemda di Provinsi Banten dalam pengelolaan keuangan. "Pengelolaan keuangan Pemprov Banten selama ini berjalan baik dan tidak ada kendala," ucapnya.

Pj Walikota Serang, Yedi Rahmat, berkomitmen untuk ikut membesarkan Bank Banten, yang merupakan kebanggaan masyarakat Banten. "Kita semua harus ikut membesarkannya," katanya. Yedi berharap Bank Banten bisa lebih maju, tidak hanya di tingkat Provinsi tetapi juga nasional.

Kepala Bapenda Kota Serang, Hari Pamungkas, menambahkan bahwa PKS ini merupakan bentuk sinkronisasi dari yang dilakukan sebelumnya dengan BPKAD, di mana ruang lingkupnya meliputi pengelolaan RKUD dan semua layanan pajak serta retribusi daerah yang dilakukan oleh Bank Banten.

"Semua sistem dan SDM kami akan sesuaikan sesuai dengan timeline yang telah disepakati. Ada rentang waktu satu bulan untuk mempersiapkan semuanya bersama Bank Banten, baik dari sisi teknis maupun non teknis," jelasnya.

(*/Red)

LihatTutupKomentar