Pentingnya Imunisasi Polio: Dinkes Tangerang Lakukan Sweeping Massal


Sweeping Imunisasi Polio di Tangerang, Dinkes Pastikan Tidak Ada Anak Tertinggal

FOKUS TANGERANG – Dinas Kesehatan Kota Tangerang melakukan sweeping untuk memastikan seluruh anak di wilayah tersebut sudah mendapatkan imunisasi polio. Penertiban ini dimulai pada 30 Juli dan akan berlangsung hingga 3 Agustus 2024, sebelum pemberian dosis kedua pada 6 Agustus 2024.

dr. Harmayani, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Tangerang, menyatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mengidentifikasi anak-anak yang belum menerima imunisasi pada dosis pertama dan untuk mengevaluasi dampak pemberian dosis tersebut. "Kami akan melihat apakah ada anak yang belum diberikan imunisasi pada masa dosis pertama termasuk dampak dari pemberian dosis pertama," ujarnya.

Baca juga: Kecamatan Curug Gelar Pekan Imunisasi Polio, Pemerintah Ajak Partisipasi Keluarga

Polio Sebagai Kejadian Luar Biasa

Polio telah dinyatakan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) di beberapa daerah di Indonesia. dr. Harmayani menegaskan pentingnya imunisasi untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak-anak terhadap polio. "Potensi terjadinya polio di Indonesia sangat tinggi termasuk di Kota Tangerang. Polio dapat mengakibatkan kecacatan hingga kematian dan apabila sudah terkena virus polio dan belum imunisasi maka sudah terlambat. Maka, imunisasi perlu diberikan untuk meningkatkan kekebalan tubuh khususnya kelompok umur 0 hingga 7 tahun," jelasnya.

Imbauan Kepada Masyarakat

Masyarakat Kota Tangerang diimbau untuk membawa anak-anak mereka ke puskesmas, posyandu, dan Pos PIN Polio guna mendapatkan imunisasi. Orang tua juga diingatkan untuk membawa kembali anak-anak mereka pada 6 Agustus mendatang untuk mendapatkan dosis kedua. "Imunisasi polio harus lengkap untuk memberikan kekebalan tubuh. Maka, jangan lupa juga bagi orang tua yang anaknya sudah mendapatkan dosis pertama untuk diberikan dosis kedua. Bagi yang belum mendapatkan imunisasi dosis pertama, diharapkan dapat segera mendatangi fasilitas layanan kesehatan," kata dr. Harmayani.

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

Dinas Kesehatan Kota Tangerang menggelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio dengan target 245.257 anak usia 0 hingga 7 tahun. Putaran pertama telah dilaksanakan pada 23 - 29 Juli 2024 dan putaran kedua akan berlangsung pada 6-12 Agustus 2024. dr. Dini Anggraeni, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, menjelaskan bahwa selama tahap pertama ini, targetnya adalah sebanyak 35 ribu anak per hari. Setelah 14 hari sejak penerimaan dosis pertama, akan dilanjutkan dengan pemberian dosis kedua.

Monitoring dan Persiapan Dosis Kedua

"Di Agustus nanti akan dilanjutkan dengan dosis kedua. Setelah lima hari pertama ini kami juga akan memonitor jumlah capaian imunisasi sebelum berlanjut ke dosis kedua. Kami juga mempersiapkan tim untuk menangani Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI)," ujar dr. Dini. Ia juga memastikan bahwa jumlah vaksin yang tersedia saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga dosis kedua. "Dalam satu tabung vaksin, dapat digunakan pada 50 anak," tambahnya.

Baca juga: Penurunan Stunting di Banten, Inovasi dan Kolaborasi Masyarakat Diganjar Penghargaan

Dengan adanya sweeping ini, Dinas Kesehatan Kota Tangerang berharap dapat meningkatkan cakupan imunisasi polio dan mencegah penyebaran virus polio di wilayah tersebut.

(*/Red)

LihatTutupKomentar