Siapa Akan Menang di Pilgub Banten? Airin, Andra, atau Kuda Hitam?

Siapa Akan Menang di Pilgub Banten? Airin, Andra, atau Kuda Hitam

FOKUS POLITIK
- Pemilihan Gubernur Banten atau Pilgub Banten pada Pilkada serentak 2024 sepertinya bakal jadi panggung duel epik antara dua poros koalisi besar. 

Pertarungan sengit ini mempertemukan dua partai utama di Koalisi Indonesia Maju (KIM), yaitu Golkar dan Gerindra.

Golkar keukeuh mendukung mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany.

Sementara itu, Gerindra bersama PKS telah mengusung pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah.

Pasangan ini bahkan sudah didukung oleh lima partai lainnya: NasDem, PAN, PKB, PPP, dan PSI. Total tujuh partai ini telah mengantongi 61 kursi dari 100 kursi di DPRD Banten. Cukup mengesankan, bukan?

Di sisi lain, Golkar, PDIP, dan Demokrat masih memiliki 39 kursi tersisa.

Golkar dan PDIP telah memberikan sinyal akan mendukung kader mereka. Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat, mengklaim bahwa Ketua DPD PDIP Banten, Ade Sumardi, akan dipasangkan dengan Airin.

Namun, Puan Maharani, Ketua DPP PDIP Bidang Politik, mengingatkan bahwa semua usulan calon gubernur dan wakil gubernur, termasuk di Banten, belum final.

Dan bagaimana dengan Demokrat? Hingga kini, partai pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ini masih belum menentukan sikap. AHY bahkan berharap agar perbedaan arah politik di antara KIM tidak dibesar-besarkan.

"Mudah-mudahan tidak di blow up menjadi sesuatu yang seolah-olah KIM tidak kompak, KIM tidak kokoh," kata AHY, Rabu (10/7). 

Dengan situasi yang masih cair dan penuh kejutan ini, Pilgub Banten 2024 benar-benar menjanjikan drama politik yang seru dan penuh intrik. Akankah Airin Rachmi Diany mampu mengungguli Andra Soni? Atau justru ada kuda hitam yang siap mengejutkan? Mari kita nantikan kelanjutannya! (*/Red)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru