PMI Banten Tingkatkan Kapasitas Relawan Ambulans dengan Pelatihan Intensif

Daftar Isi

PMI Banten Tingkatkan Kapasitas Relawan Ambulans dengan Pelatihan Intensif

FOKUS BANTEN - Palang Merah Indonesia (PMI) terus mengoptimalkan kapasitas relawan mereka dalam melaksanakan berbagai misi kemanusiaan, termasuk di antaranya petugas ambulans. DPD PMI Banten mengadakan pelatihan khusus untuk petugas ambulans yang dilaksanakan di Pusdiklat & TUK LSP PMI Provinsi Banten, Kota Serang pada Selasa, 9 Juli 2024.

Pelatihan ini dibuka oleh Ketua Bidang Diklat & TUK, Wawan Mulyana, dan dihadiri oleh Anggota Bidang Penanggulangan Bencana (PB), H. E. Kosasih, serta Kepala Markas, Embay Bahriyah.

Dalam sambutannya, Wawan menjelaskan bahwa pelatihan ini diikuti oleh 27 peserta dari PMI Kabupaten dan Kota di Banten dan akan berlangsung selama empat hari, hingga 12 Juli 2024.

Pelatihan ini difasilitasi oleh instruktur dari Badiklat PMI Pusat yaitu Akbar Wilendra (PMI Kota Depok), Ahmad Athoridh (PMI Kota Bandung), dan Mahfud (PMI Pusat).

Wawan Mulyana menyatakan, "PMI Provinsi Banten memberikan kesempatan kepada relawan PMI Kabupaten dan Kota terpilih yang memiliki kapasitas agar memanfaatkan kapabilitasnya dalam pengelolaan manajemen ambulans dan memberikan kompetensi yang terukur dalam tugas tersebut."

Wawan juga menambahkan bahwa tugas, fungsi, dan tanggung jawab petugas ambulans sangat penting, terutama dalam menyelamatkan nyawa seseorang. Ia berharap para petugas dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius.

"Dengan peran itu maka dibutuhkan petugas ambulans yang terlatih dan andal dengan metode pelayanan penyelamatan manusia yang tepat. Selain itu, juga dibutuhkan petugas ambulans yang terampil dan memiliki kompetensi khusus sesuai spesifikasi pedoman manajemen ambulans," pungkasnya.