Pj Wali Kota Ajak Warga Tangerang Manfaatkan Lahan untuk Tanam Cabai dan Bawang

Daftar Isi

Pj Wali Kota Ajak Warga Tangerang Manfaatkan Lahan untuk Tanam Cabai dan Bawang

Pj Wali Kota Tangerang Nurdin mengungkapkan, meski pasokan dan harga komoditas seperti cabai dan bawang relatif aman, peran masyarakat dalam menanam secara mandiri sangat dibutuhkan untuk menjaga ketersediaan.

Warga Didorong Manfaatkan Lahan untuk Kestabilan Harga

FOKUS TANGERANG - Pj Wali Kota Tangerang, Nurdin, menegaskan bahwa meskipun pasokan dan harga komoditas seperti cabai dan bawang relatif aman, peran masyarakat dalam menjaga ketersediaan dengan melakukan penanaman secara mandiri sangat penting.

Baca juga: Keramas Massal di Sungai Cisadane Sambut Ramadan, Simbol Penyucian Diri Umat Muslim

"Mari kita manfaatkan lahan-lahan yang ada di sekitar kita untuk menanam komoditas-komoditas yang menjadi buruan dan paling dicari di pasar, seperti cabai rawit dan bawang, agar ketersediaan stoknya terjaga sehingga harganya pun bisa stabil," ujar Nurdin pada Sabtu.

Pernyataan ini disampaikan setelah Nurdin dan jajaran pemerintah daerah melakukan pemantauan langsung di pasar tradisional untuk menilai ketersediaan komoditas seperti cabai rawit, cabai merah, bawang putih, dan bawang merah.

"Alhamdulillah, jika kita amati pasokan dan harga dari komoditas-komoditas yang merupakan faktor penting dalam penentu inflasi tersebut relatif aman," tambahnya.

Upaya Menekan Inflasi

Nurdin berharap, stabilnya harga serta tercukupinya komoditas penting ini dapat membantu menekan laju inflasi dalam masyarakat. Namun, ia mengingatkan bahwa komoditas tersebut adalah komoditas musiman, sehingga peran serta masyarakat dalam menjaga ketersediaan pasokan sangat diperlukan.

Baca juga: ASN Kabupaten Tangerang Diminta Gunakan Produk Lokal, Ini Alasannya

Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Tangerang, Ruta Ireng Wicaksono, mengungkapkan bahwa indeks inflasi pada Juni 2024 mengalami penurunan hingga mencapai 2,82 persen berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

"Berdasarkan data yang baru dipublikasikan menunjukkan penurunan angka inflasi secara konsisten dalam empat bulan terakhir. Khusus bulan ini, merupakan catatan yang terbaik dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) mencapai 105,98 persen," kata Ruta.

Ajak Warga Berpartisipasi

Nurdin dan Ruta sepakat bahwa partisipasi aktif masyarakat dalam menanam komoditas penting seperti cabai dan bawang sangat diperlukan untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan.

Pemerintah Kota Tangerang berkomitmen untuk terus memantau dan memastikan ketersediaan komoditas di pasar tradisional tetap terjaga.

Nurdin mengakhiri dengan ajakan, "Mari kita bersama-sama menjaga kestabilan harga dan ketersediaan komoditas ini demi kesejahteraan bersama."

/Red