Pj Ketua TP PKK Provinsi Banten Tine Al Muktabar Dampingi Tim Provinsi Banten Dalam Lomba Senam Kreasi Piala Ibu Negara 2024

Pj Ketua TP PKK Provinsi Banten Tine Al Muktabar Dampingi Tim Provinsi Banten  Dalam Lomba Senam Kreasi Piala Ibu Negara 2024

FOKUS BANTEN
- Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Banten, Tine Al Muktabar, mendampingi Tim Provinsi Banten dalam Lomba Nasional Senam Kreasi Piala Ibu Negara 2024.

Acara berlangsung di Hall A Gelanggang Olahraga Soemantri Brodjonegoro, Jakarta. Tim Banten diwakili oleh "Galaxy Squad Banten" dari Kabupaten Serang, pemenang seleksi tingkat provinsi.

"Kegiatan Perwosi hari ini, Lomba Senam Kreasi Piala Ibu Negara berlangsung setiap tahun dan sudah tahun ketiga," kata Tine. "Provinsi Banten mengikutkan satu tim untuk memeriahkan kegiatan ini," tambahnya.

Tine juga hadir dalam Rakernas Perwosi 2024 sebagai perwakilan Perwosi Pengprov Banten, yang merupakan bagian dari rangkaian awal Lomba Senam Kreasi. Rakernas ini menghasilkan putusan untuk membina olahraga bagi anak-anak, wanita, dan lansia.

"Kita juga sampaikan bahwa Provinsi Banten telah menginisiasi senam untuk lansia bersama Perwosi, PKK, Posyandu, dan Fakultas Kedokteran Indonesia," ungkap Tine. "Mudah-mudahan ini memberi warna olahraga lansia di Indonesia," tambahnya.

Melalui partisipasi dalam Lomba Kreasi Piala Ibu Negara, Tine berharap bisa memberikan kontribusi bagi wanita dalam menggalakkan senam di kalangan masyarakat.

"Perempuan yang berminat olahraga akan menciptakan ketahanan keluarganya dan berdampak pada kebahagiaan keluarganya," jelasnya. "Salah satu misinya adalah menggerakkan perempuan agar bisa berdampak sampai rumah tangga."

Lomba ini juga menjadi kesempatan memperkenalkan wastra dan kerajinan Provinsi Banten. Saat tampil, Tim Banten mengenakan kostum olahraga dengan pernik dan hiasan khas Banten.

"Dalam kostum olahraga kita menonjolkan etnik-etnik atau wastra-wastra Provinsi Banten. Kita tonjolkan motif batik tapak kebo khas Banten," jelas Tine. "Mudah-mudahan ini bisa dilihat oleh seluruh nusantara bahwa batik Banten memiliki corak dan kualitas yang baik."

Inisiasi Senam Lansia oleh Provinsi Banten di Perwosi 2024

Lomba Senam Kreasi Piala Ibu Negara 2024 dibuka oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Wury Ma'ruf Amin. Tampak hadir pula anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM). "Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada pagi ini secara resmi saya mulai Lomba Nasional Senam Kreasi Piala Ibu Negara Tahun 2024," ucap Iriana dan Wury bersama-sama.

Ketua Perwosi, Tri Tito Karnavian, menjelaskan bahwa lomba ini adalah kegiatan rutin tahunan oleh OASE KIM bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Perwosi.

"Piala Ibu Negara ini diperebutkan tiap tahun dan ini sudah berlangsung yang ketiga kali," ungkapnya. Tahun ini, lomba mengusung tema "Senam Kreasi Wujud Semangat dan Kreativitas Olahraga Perempuan Indonesia, Keluarga Indonesia Sehat," diikuti oleh 46 tim dari 34 provinsi.

"Mereka sudah melalui seleksi dari setiap provinsi. Senam kreasi ini menampilkan gerakan-gerakan yang diiringi musik dengan unsur daerah," jelas Tri. OASE KIM dan Perwosi berharap peserta bisa menampilkan kearifan lokal dari masing-masing daerah dan menumbuhkan semangat olahraga di kalangan masyarakat, khususnya perempuan.

*/Red

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru