Pj Gubernur Banten Hadiri Pilot Project Posyandu 6 SPM di Kabupaten Lebak

Pj Gubernur Banten Resmikan Pilot Project Posyandu 6 SPM di Kabupaten Lebak

FOKUS BANTEN
- Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar dan Ketua Umum Pembina Posyandu Pusat Tri Tito Karnavian meluncurkan Pilot Project Posyandu 6 Standar Pelayanan Minimal (SPM) di Kabupaten Lebak pada Senin (15/7/2024).

Peluncuran ini menandakan dimulainya revitalisasi Posyandu di Lebak dengan fokus pada enam layanan dasar: pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, Trantibum Linmas, sosial, dan ekonomi.

"Posyandu di Lebak menjadi prototipe dalam rangka implementasi tata kerja Posyandu yang terintegrasi dengan PKK," ujar Al Muktabar dalam sambutannya.

"Posyandu sebagai model untuk mengedukasi masyarakat dan memenuhi kesejahteraan masyarakat."

Enam Layanan Dasar Posyandu 6 SPM

Enam Layanan Dasar Posyandu 6 SPM

Posyandu 6 SPM diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih komprehensif kepada masyarakat. Dalam bidang pendidikan, Posyandu berperan sebagai bagian pendidikan non-formal sejak anak masih dalam kandungan. Posyandu juga menjadi fasilitas masyarakat untuk mendapatkan pelayanan pendidikan.

"Pendidikan non-formal sering kali dilupakan karena lebih memperhatikan pendidikan formal," ungkap Tri Tito Karnavian. "Posyandu 6 SPM hadir untuk mengisi celah tersebut."

Di bidang kesehatan, Posyandu 6 SPM akan meningkatkan pelayanan kesehatan dengan fokus pada pencegahan stunting dan penguatan analisis gizi anak-anak. Pada bidang Pekerjaan Umum, Posyandu diharapkan dapat membantu masyarakat mendapatkan akses air bersih dan infrastruktur yang memadai.

"Posyandu 6 SPM juga akan membantu meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat melalui Trantibum Linmas," ujar Tri Tito Karnavian.

"Di bidang sosial, Posyandu akan membantu masyarakat yang masih merasa belum terjamin keadilan sosialnya."

Manfaat Posyandu 6 SPM bagi Masyarakat

Manfaat Posyandu 6 SPM bagi Masyarakat

Penjabat (Pj) Bupati Lebak Iwan Kurniawan mengatakan, Posyandu 6 SPM memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Desa, seperti:

  • Pemberian paket alat tulis sekolah kepada 820 anak dan rehabilitasi sekolah
  • Pemberian vitamin tambah darah kepada siswa SMP dan SD serta rehabilitasi Posyandu
  • Penyediaan air bersih untuk masyarakat serta rehabilitasi jalan
  • Pembangunan 7 rumah layak huni
  • Bantuan kepada masyarakat tidak mampu dan bantuan kepada 200 disabilitas
  • Bantuan alat pemadam kebakaran ke masyarakat

"6 SPM layanan Posyandu sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa," ujar Iwan Kurniawan. "Mudah-mudahan program 6 SPM Posyandu dapat dilanjutkan ke beberapa Desa lain."

Peninjauan Posyandu dan Penyerahan Bantuan

Peninjauan Posyandu dan Penyerahan Bantuan

Usai peluncuran Pilot Project Posyandu 6 SPM, rombongan melakukan peninjauan jalan Desa Pasarkeong, pelayanan Posyandu Jeruk, dan penyerahan bantuan sosial. Rombongan juga meninjau rumah layak huni, bantuan alat pemadam kebakaran untuk Poskamling di Kampung Ciputat, pembangunan SPAM, dan Paud Al Musyawwir di Kampung Sengkol Pojok, Desa Pasarkeong.

Peluncuran Posyandu 6 SPM di Lebak diharapkan menjadi model bagi daerah lain di Indonesia untuk meningkatkan pelayanan Posyandu kepada masyarakat. Posyandu 6 SPM diharapkan dapat berkontribusi dalam mewujudkan masyarakat yang sehat, sejahtera, dan berkelanjutan.

Press Release
Plt. Kepala Biro Administrasi Pimpinan dan Protokol Setda Provinsi Banten

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru