Pj Gubernur Banten Dampingi Wapres Ma'ruf Amin di Gebyar Muharam

Pj Gubernur Banten Dampingi Wapres Ma'ruf Amin di Gebyar Muharam

FOKUS TANGERANG
- Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar, mendampingi Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, KH Ma'ruf Amin, dalam peringatan Gebyar Muharam 1446 Hijriah di Kampung Halaman Wapres, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, Minggu (14/07/2024) malam.

Kresek: Kampung Bersejarah dengan Peran Penting

Al Muktabar mengungkapkan bahwa peringatan Gebyar Muharam tahun ini terasa spesial karena diadakan di kampung kelahiran Wapres KH Ma'ruf Amin. “Artinya memang Kresek ini mempunyai peranan yang cukup besar dalam perkembangan ajaran agama Islam, khususnya di Provinsi Banten,” ujar Al Muktabar.

Peran Penting Pondok Pesantren

Menurut Al Muktabar, Pondok Pesantren (Ponpes) sebagai basis utama pembelajaran ajaran agama Islam memiliki peran penting dalam menciptakan generasi bangsa yang unggul. “Tidak hanya unggul dalam prestasi akademik, tapi seorang santri juga mempunyai pondasi agama yang kuat, yang itu bisa menjadi kelebihan dari seorang santri,” jelasnya. Ia juga mengingatkan pesan Wapres agar masyarakat Banten bangga dengan entitas santrinya dan tidak ragu menyekolahkan anak-anak mereka di Ponpes.

Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Banten

Pada kesempatan tersebut, Al Muktabar melaporkan bahwa kondisi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Provinsi Banten terjaga dengan baik. Hal ini tidak terlepas dari peran para Kiai dan santri yang selalu memberikan kesejukan kepada masyarakat. “Itu juga tidak terlepas dari peran para Kiai dan santri yang selalu memberikan kesejukan kepada masyarakat,” katanya.

Baca juga: Wapres Ajak Masyarakat Lakukan Hijrah Maknawiyah di Peringatan Tahun Baru Islam

Pesan Wapres: Hijrah Menuju Kebaikan

Wapres KH Ma'ruf Amin mengingatkan bahwa hakikat peringatan tahun baru Muharam adalah bagaimana kita bisa menjadi lebih baik di masa depan. “Hijriah itu asal katanya adalah hijrah atau pindah. Selain pindah tempat, makna utama yang harus kita ingat adalah bagaimana kita bisa pindah dari yang buruk ke yang baik,” ucapnya. Ia menekankan pentingnya hijrah perilaku, yaitu cara berpikir, bersikap, dan bertindak sesuai tuntunan Allah SWT.

Harapan untuk Para Santri

Wapres juga berpesan kepada para santri agar terus belajar dengan baik dan berharap ke depan akan ada lagi seorang santri menjadi Wakil Presiden setelah dirinya, bahkan menjadi Presiden. “Jangan sampai selesai di saya, tetapi harus ada lagi santri selanjutnya,” pungkasnya.

*/Red

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru