Monitoring dan Evaluasi PPS di Kelurahan Sukawana, Ahmad Sudadi Ungkap Temuan Penting!

Monitoring dan Evaluasi PPS di Kelurahan Sukawana

SERANG, BERITA FOKUS
– Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Sukawana melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Pilkada 2024.

Kegiatan ini berlangsung di Sekretariat PPS kantor Kelurahan Sukawana, Kecamatan Curug, Kota Serang pada Selasa, 9 Juli 2024.

Ahmad Sudadi, Ketua PPS Kelurahan Sukawana, menyatakan bahwa pemutakhiran data pemilih dengan metode pencocokan dan penelitian telah berjalan selama 16 hari sejak pelantikan pada 24 Juni 2024.

“Agenda pemutakhiran data pemilih yang dilakukan dengan pencocokan dan penelitian telah berjalan selama 16 hari. Oleh karena itu, diperlukan monitoring dan evaluasi atas kinerja Pantarlih untuk mengetahui progres pelaksanaan coklit (pencocokan dan penelitian) tersebut,” ujarnya.

Sudadi menambahkan bahwa tujuan monev adalah untuk memastikan bahwa proses coklit yang dilakukan oleh Pantarlih sesuai dengan panduan kerja. Monev juga dilakukan untuk memeriksa hasil coklit baik yang dilakukan secara manual maupun melalui aplikasi e-coklit.

“Kami ingin mengetahui sejauh mana Pantarlih memahami tugas dan kewajibannya saat melakukan coklit sehingga kekurangan dan kesalahan dapat diminimalisir sejak awal,” jelas Ahmad Sudadi. Ia juga menekankan pentingnya komunikasi dan koordinasi dengan kepala Kelurahan, RT, RW, atau tokoh masyarakat terkait informasi data kependudukan sebelum Pantarlih melakukan coklit dari rumah ke rumah.

Maman Putra Galuh, Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) Sukawana, menambahkan bahwa pada Pilkada 2024, wilayah Kelurahan Sukawana dibagi dalam 7 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di seluruh wilayah dengan 14 petugas Pantarlih.

Dari hasil monitoring, PPS mendapatkan informasi terkait berbagai masalah yang sering terjadi di lapangan, di antaranya adalah nama pemilih yang terdaftar di form A-Daftar Pemilih tetapi sulit ditemui karena jarang di rumah atau sering bepergian.

Maman, yang sehari-hari disapa Mas Al, berharap setelah adanya monev ini, kinerja Pantarlih menjadi lebih baik dan terarah.

"Pantarlih merupakan ujung tombak dalam pemutakhiran data pemilih dan sebagai titik awal suksesnya pelaksanaan Pilkada serentak 2024," harapnya.

Kegiatan ini berjalan lancar dan turut dihadiri oleh Aan Aningsih (Kadiv Logistik PPK Curug), Viny Krismonita Utami (Kadiv Tekhnis), Komisioner PPS Sukawana (Ahmad Sudadi, Ahmad Tohiri, Eva Avinah), dan PKD Sukawana (Maman Galuh/Mas Al).

Penulis: Holil

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru