Kresek Resmi Jadi Kampung Santri, Al Muktabar Dorong Pembangunan Daerah

Kresek Resmi Jadi Kampung Santri, Al Muktabar Dorong Pembangunan Daerah

FOKUS BANTEN
- Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar, menyampaikan harapannya bahwa penetapan Kresek sebagai Kampung Santri oleh Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin akan memperkuat stabilitas daerah serta mempercepat pembangunan untuk mengisi kemerdekaan.

"Beliau (Wapres KH. Ma'ruf Amin) tadi menandatangani prasasti Kresek sebagai kampung santri. Bahkan beliau katakan Kresek sejak dulu sudah menjadi kampungnya santri," ujar Al Muktabar setelah menghadiri Gebyar Muharram 1446 H dan Penandatanganan Prasasti Kresek Kampung Santri di Aula Syekh Astari, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, Minggu (14/7/2024) malam.

Kresek, sebagai tempat kelahiran Wapres KH Ma'ruf Amin, memiliki sejarah panjang dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia hingga mengisi kemerdekaan saat ini.

"Banyak hal yang bisa kita maknai dalam momentum kali ini," tambahnya. "Kita bersyukur sekali santri dengan segala kelebihannya dan para Kiai yang memandunya, sehingga terciptanya stabilitas Provinsi Banten yang kuat. Dan itu basis kita dalam membangun," lanjut Al Muktabar.

Wapres KH. Ma'ruf Amin juga berpesan agar penetapan Kresek sebagai Kampung Santri dapat menjadi motivasi bagi pesantren-pesantren di Kresek untuk berkontribusi hingga tingkat nasional.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres mengenang masa kecilnya di Kresek dan merasa bangga dengan kemajuan yang telah dicapai daerah kelahirannya ini, yang kini memiliki begitu banyak pesantren.

"Saya kira, pernyataan ini harus, dari Kresek untuk Banten dan untuk Indonesia," ujar Wapres KH Ma'ruf Amin.

Menurutnya, santri memiliki peran yang sangat besar dalam menyiapkan individu yang paham agama sekaligus mampu memakmurkan dunia.

"Tugas pesantren itu ada dua, menyiapkan orang-orang taat agama dan orang-orang yang bisa memakmurkan dunia," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Acara, Jejen, mengatakan bahwa deklarasi dan penetapan Kampung Santri ini bertujuan untuk mewujudkan lingkungan kondusif bagi tumbuh kembang generasi muda yang berakhlak mulia dan berjiwa santri.

"Alasan kenapa disebut kampung santri, lantaran banyaknya Ulama dan pesantren yang ada di Kresek dengan ribuan jumlah santri," ujarnya.

Kresek juga memiliki bukti arkeologis peninggalan Islam dari masa Kesultanan Banten, seperti Masjid Cukulan atau Masjid Syekh Hasan Basri yang dibangun pada tahun 1163 H atau 1715 M.

Plt. Kepala Biro Administrasi Pimpinan dan Protokol Setda Provinsi Banten

Press Release

Beni Ismail, S.STP, M.Si

NIP. 197609051996021002

Pembina Utama Muda (IV/c)

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru