Ekspor Itu Mudah! Buktinya, 100 UMKM Banten Siap Tembus Pasar Dunia

UMKM Banten

BANTEN, BERITA FOKUS
- Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong kemajuan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di tanah air.

Melalui gelaran UMKM Week 2024 yang diadakan di Aula Bea Cukai Tangerang pada Kamis (4/7), DJBC Kanwil Banten berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memberdayakan UMKM lokal dan memfasilitasi mereka untuk menembus pasar internasional.

Mengusung tema "UMKM Berani Ekspor, karena Ekspor Itu Mudah", UMKM Week 2024 menghadirkan 100 UMKM, 70 di antaranya hadir secara luring dan 30 lainnya secara daring.

Acara ini dimeriahkan oleh berbagai narasumber kompeten, seperti perwakilan Bea Cukai, FedEx (perusahaan jasa titipan), Bank Syariah Indonesia, Shopee Indonesia, dan Pusat Layanan Usaha Terpadu Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten.

Kepala Kanwil Bea Cukai Provinsi Banten, Rahmat Subagio, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada para peserta UMKM Week 2024.

"Kehadiran para pelaku UMKM menunjukkan komitmen nyata dalam mengembangkan usaha demi membantu perekonomian negeri," ujar Rahmat.

Beliau berharap kegiatan ini dapat memotivasi para UMKM untuk terus belajar dan mengembangkan usahanya, termasuk berani melangkah ke kancah internasional.

Lebih lanjut, Rahmat mengungkapkan bahwa Bea Cukai berkomitmen untuk selalu mendengarkan permasalahan dan kebutuhan para UMKM.

"Melalui kegiatan seperti ini, kami ingin memberikan edukasi dan pendampingan kepada UMKM agar mereka lebih memahami seluk beluk ekspor dan terbantu dalam memasarkan produknya ke luar negeri," jelas Rahmat.

Kepala Kantor Pelayanan Utama Tipe C Soekarno-Hatta, Gatot Sugeng Wibowo, turut hadir dalam acara ini dan menyampaikan pentingnya digitalisasi bagi UMKM.

"Di era digital sekarang ini, UMKM perlu beradaptasi dan memanfaatkan teknologi untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Saya harap para UMKM dapat memanfaatkan narasumber yang hadir hari ini untuk mempelajari strategi digitalisasi yang tepat untuk bisnis mereka," ungkap Gatot.

Dukungan terhadap UMKM merupakan agenda rutin Kementerian Keuangan melalui perwakilannya di seluruh Indonesia, termasuk di Provinsi Banten.

Bea Cukai senantiasa menjalankan misinya sebagai Trade Facilitator melalui berbagai program dan kegiatan, seperti UMKM Week 2024 ini.

Diharapkan, kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi para UMKM dan berkontribusi positif bagi kemajuan ekonomi nasional.

LihatTutupKomentar