Bunda Paud Provinsi Banten Tinjau Pelaksanaan Transisi Belajar Paud Dengan Menyenangkan di Kota Serang

Pembelajaran Tanpa Stres: Kunjungan Bunda Paud Banten di SDN Serang 13

Bunda Paud Provinsi Banten Tine Al Muktabar Tinjau Pelaksanaan Transisi Belajar Paud Dengan Menyenangkan di Kota Serang

FOKUS BANTEN – Bunda Paud Provinsi Banten, Tine Al Muktabar, didampingi Bunda Paud Kota Serang, Nurhasanah Yedi Rahmat, meninjau pelaksanaan Transisi Belajar dari Paud ke SD/MI di SDN Serang 13, Jalan KH Abdul Latif No. 13, Sumur Pecung, Kota Serang, Kamis (18/7/2024). Kegiatan tersebut juga diisi dengan senam bersama anti-bullying.

"Kami Bunda Paud Provinsi Banten dan Bunda Paud Kota diberi amanah oleh Kemendikbud untuk memantau dan memastikan bahwa transisi belajar dari Paud ke SD/MI itu menyenangkan," ujar Tine Al Muktabar.

Mengapa Transisi Belajar Harus Menyenangkan?

Mengapa Transisi Belajar Harus Menyenangkan?

Menurut Tine, pentingnya transisi belajar yang menyenangkan adalah agar anak-anak tetap merasa senang meskipun beralih dari Paud ke SD/MI.

"Kenapa harus menyenangkan? Karena kita ingin memberikan kesan bahwa proses peralihan dari Paud ke SD/MI tidak berubah. Sehingga anak-anak masih tetap terus senang," tambahnya.

Pendekatan pembelajaran yang menyenangkan ini tidak hanya diterapkan pada kelas satu, tetapi juga hingga kelas tiga. Tine menekankan bahwa kesan belajar yang menyenangkan pada anak-anak akan menciptakan keinginan belajar sepanjang hayat.

"Kesan belajar yang menyenangkan pada anak-anak akan menciptakan keinginan belajar sepanjang hayat. Itu yang kita perlukan untuk generasi mendatang yang memiliki daya saing dan profesionalisme," jelasnya.

Observasi di SDN Serang 13
Observasi di SDN Serang 13

Tine menyatakan bahwa hasil pengamatannya di SDN Serang 13 sudah baik, meskipun masih ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki untuk manfaat yang lebih besar bagi anak-anak.

"Tadi kita sudah melihat bagaimana proses pelaksanaannya di SDN Serang 13. Sudah baik tapi juga ada yang perlu dikoreksi agar mendapat manfaat bagi anak-anak," ungkapnya.

Edukasi dan Nutrisi

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan pemberian susu sebagai bagian dari edukasi nutrisi bagi anak-anak. "Anak Banten harus cerdas dan ceria. Jadi dengan metode pembelajaran yang menyenangkan semua itu akan menghasilkan kebahagiaan. Anak belajar di sekolah tanpa stress," pungkas Tine.

Pandangan Bunda Paud Kota Serang

Pandangan Bunda Paud Kota Serang

Bunda Paud Kota Serang, Nurhasanah Yedi Rahmat, menyatakan kunjungan tersebut bertujuan untuk melihat langsung bagaimana proses pembelajaran dari Paud ke SD/MI dilaksanakan dengan menyenangkan, seperti saat mereka belajar di Paud.

"Melihat anak-anak secara langsung bagaimana proses pembelajaran dari Paud ke SD/MI dengan menyenangkan seperti saat mereka belajar di Paud. Tadi juga diberikan susu dan roti," ucapnya. "Semoga ini yang terbaik untuk anak-anak menuju Indonesia Emas 2045," tambahnya.

Baca juga: Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan Ditekankan Bunda PAUD Kota Serang

Kepala Sekolah SDN Serang 13

Kepala Sekolah SDN Serang 13

Kepala Sekolah SDN Serang 13, Nina Rostiana, menyatakan bahwa pihaknya tidak mengalami hambatan dalam pelaksanaan Transisi Belajar Paud ke SD/MI dengan menyenangkan. "Apalagi kemarin kita sudah melaksanakan MPLS selama tiga hari dan berjalan lancar," ujarnya.

Nina juga merasa bersyukur atas kunjungan Bunda Paud Provinsi Banten dan Bunda Paud Kota Serang, yang menjadi motivasi bagi sekolahnya untuk terus mendukung transisi belajar dengan metode bermain agar anak lebih ceria.

"Kami bersyukur atas kunjungan Bunda Paud Provinsi Banten dan Bunda Paud Kota Serang. Menjadi motivasi kami untuk transisi belajar dari Paud ke SD/MI belajar dengan bermain agar anak lebih ceria," tambah Nina.

(*/Red)

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru