Strategi Menhub Redam Kemacetan Mudik di Pelabuhan Merak

Strategi Menhub Redam Kemacetan Mudik di Pelabuhan Merak

Pelabuhan Panjang Dijadikan Solusi Atasi Kemacetan Pelabuhan Merak

Jakarta, 7 April 2024 - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengumumkan rencana strategis untuk mengatasi kemacetan di Pelabuhan Merak dengan memaksimalkan penggunaan Pelabuhan Panjang di Lampung sebagai jalur alternatif penyeberangan. Langkah ini diharapkan dapat melayani pemudik dengan lebih efisien saat terjadi kepadatan.

Dalam kunjungan kerjanya ke Pelabuhan Merak, Menhub Budi Karya Sumadi menyatakan, “Kami akan memaksimalkan Pelabuhan Panjang di Tanjung Karang, Lampung. Akan dibuat rute ke Panjang, baik dari Bakahueni maupun Ciwandan.” Beliau menambahkan bahwa kendaraan akan dipilah sesuai tujuan untuk menghemat waktu perjalanan hingga satu jam menuju Ibu Kota Lampung.

Menhub juga menekankan pentingnya penindakan terhadap truk ODOL (Over Dimension Over Load) yang menghambat laju kendaraan pemudik. “Kami telah sepakat dengan Kapolda Banten untuk melakukan tindakan hukum terhadap ODOL tanpa terkecuali,” ujar Menhub.

Kapolda Banten, Irjen Pol. Abdul Karim, menegaskan kesiapan pihaknya dalam mengawasi dan memonitor kendaraan ODOL di lapangan. “Kami akan menerjunkan personel untuk mengoptimalkan antrean kendaraan di Pelabuhan Merak dan memaksimalkan buffer zone,” ungkap Irjen Pol. Abdul Karim.

Beliau juga menghimbau pemudik untuk melakukan reservasi tiket terlebih dahulu guna memudahkan perjalanan mudik. “Kerjasama dari pemudik sangat kami harapkan,” tambah Irjen Pol. Abdul Karim.

*/Red

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru