Perjalanan Politik Rano Karno: Dari Wakil Bupati ke Senayan

Perjalanan Politik Rano Karno

BERITA FOKUS POLITIK
- Rano Karno, yang dikenal luas melalui perannya sebagai Doel dalam serial dan film Si Doel Anak Sekolahan, terus menunjukkan kilau karier politiknya yang tak kalah gemilang. Mulai dari Wakil Bupati Tangerang hingga Anggota DPR RI, Rano Karno telah menapaki berbagai tangga kekuasaan dengan penuh dedikasi.

Pada periode 2008-2011, Rano Karno memulai perjalanannya di panggung politik sebagai Wakil Bupati Tangerang. Tak lama setelah itu, ia melanjutkan pengabdiannya dengan menjadi Wakil Gubernur Banten pada tahun 2012-2014. Puncak karier politiknya terjadi ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menunjuknya sebagai Plt Gubernur Banten pada tahun 2014, menggantikan Ratu Atut Chosiyah yang tersandung kasus hukum.

Setelah masa jabatannya sebagai Plt Gubernur Banten berakhir pada tahun 2017, Rano Karno tidak berhenti di situ. Ia berhasil memenangkan hati rakyat dan terpilih sebagai Anggota DPR RI untuk periode 2019-2024, dan kembali terpilih untuk periode 2024-2029 dengan perolehan 149.397 suara dari Dapil Banten III.

Alhamdulillah kembali dipilih menjadi anggota DPR RI,” ucap Rano Karno dengan rasa syukur saat ditemui di Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

Meski telah terpilih kembali, Rano masih belum memutuskan fokus kebijakan apa yang akan ia usung di periode mendatang. Saat ini, ia masih berkonsentrasi pada tugasnya di Komisi X, yang menangani bidang Pendidikan, Kebudayaan, Ekonomi Kreatif, dan Pemuda Olahraga.

Saya masih fokus di bidang yang saya pegang saat ini. Perihal komisi mana yang akan saya isi di masa depan, itu tergantung pada keputusan partai,” tutur Rano Karno, yang kini berusia 63 tahun.

Di tengah kesibukannya, Rano Karno juga dikabarkan akan terjun ke arena Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Isu yang beredar menyebutkan bahwa ia akan diusung oleh Partai PDI Perjuangan sebagai Calon Gubernur Banten. Namun, Rano Karno masih menahan diri untuk memberikan konfirmasi, menunggu instruksi dan keputusan resmi dari partai.

Kita lihat waktunya ya,” tegas Rano Karno, seraya menambahkan bahwa ia siap jika partai memutuskan untuk menunjuknya maju dalam Pilkada Banten.

Oke,” simpul Rano Karno, menandakan kesiapannya menghadapi tantangan politik yang baru.

*/Red

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru