Banjir Meluas di Lebak, Rumah-rumah Terendam Air Hingga 70 cm

Daftar Isi

Banjir Meluas di Lebak: Rumah-rumah Terendam Air Hingga 70 cm

BERITA FOKUS
- Hujan deras yang mengguyur wilayah Lebak pada Jumat, 26 April 2024, menyebabkan bencana banjir melanda sejumlah daerah. Sebanyak 30 rumah di Desa Gubugan Cibereum, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, terdampak akibat luapan Sungai Cibereum sejak pukul 07.00 WIB.

Tidak hanya itu, jalan desa di sekitar Desa Gubugan Cibereum juga terendam dengan ketinggian air mencapai 40-70 centimeter, mempersulit aktivitas warga setempat. Kondisi ini membuat beberapa rumah di sekitar bantaran sungai masih terendam banjir.

Di sisi lain, luapan Sungai Cisimeut di Kampung Janglapa, Desa Sangkamanik, Kecamatan Cimarga, juga menyebabkan puluhan rumah terendam banjir hingga masuk ke dalam rumah pada sekitar pukul 16.00 WIB.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, Febby Rizki Pratama, menjelaskan bahwa genangan air terjadi menyusul hujan deras yang melanda semalaman sebelumnya. "Banjir belum merendam rumah, tapi 40 kepala keluarga terdampak di Desa Gubugan Cibereum. Yang terendam adalah jalan desa dan jembatan gantung, sehingga tidak bisa dilintasi warga," ujarnya saat dihubungi FOKUS.CO.ID.

Febby menambahkan bahwa banjir juga berdampak pada salah satu pondok pesantren (Ponpes) di wilayah tersebut. "Relawan sudah siaga untuk evakuasi maupun memberikan arahan kepada korban terdampak," tambahnya.

Adapun, ada 4 Kampung yang terdampak banjir akibat luapan Sungai Cibereum, yaitu Kampung Lojor, Bongkok, Cidadap, dan Jamlaung di Kecamatan Maja, serta Desa Sangkanmanik di Kecamatan Cimarga.

Meski saat ini air mulai surut, seorang warga Cimarga bernama Dedi menyatakan kekhawatirannya akan kemungkinan banjir kembali jika hujan masih berlanjut. "Kalau masih hujan bisa jadi akan terus merendam rumah warga di sini, karena saat ini masih hujan walaupun tidak terlalu deras seperti tadi sore," tutupnya.

*/Red