Rano Karno Unggul di Dapil Banten, Kalahkan Airin dan Wahidin

Rano Karno Unggul di Dapil Banten, Kalahkan Airin dan Wahidin

Mantan Gubernur Banten Raih Suara Terbanyak di Pileg DPR RI 2024

FOKUS BERITA, SERANG - Mantan Gubernur Banten Rano Karno berhasil mengungguli perolehan suara dari dua orang rivalnya yakni Airin Rachmi Diany dan Wahidin Halim pada kontestrasi Pemilihan Legislatif (Pileg) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) di daerah pemilihan (dapil) Banten III.

Dapil Banten III meliputi Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Lebak. Dapil ini dijuluki sebagai dapil neraka karena persaingan yang ketat antara para calon anggota legislatif (caleg) dari berbagai partai politik.

Berdasarkan data yang diperoleh dari website resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) pemilu2024.kpu.go.id, Rano Karno mendapatkan perolehan suara sebanyak 2.367 suara, dengan suara partainya yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebanyak 5.559 suara.

Sementara itu, Airin yang merupakan mantan Walikota Tangerang Selatan ini mendapatkan perolehan suara sebanyak 2.041 suara dengan suara partainya yakni Partai Golongan Karya (Golkar) sebanyak 4.268 suara.

Dan Wahidin Halim, yang merupakan mantan Gubernur Banten periode 2017-2022 ini hanya mendapatkan 707 suara di dapil neraka itu. Sementara itu, suara partainya yakni Partai Nasional Demokrat (NasDem) berjumlah 1.477 suara.

Tokoh Lainnya yang Berlaga di Dapil Banten

Selain Rano Karno, Airin, dan Wahidin Halim, terdapat beberapa tokoh lainnya yang ikut berkontestasi di dapil neraka itu.

Seperti politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Sufmi Dasco yang kini menduduki kursi wakil ketua DPR RI, ada juga Bendahara PDIP Banten Marinus Gea, pertahana dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mulyanto, dan Konglomerat MNC Grup Hary Tanoe yang merupakan Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

Sufmi Dasco mendapatkan suara sebanyak 1.821 suara dengan suara partainya yakni Gerindra sebanyak 2.681 suara.

Mulyanto dari PKS mendapatkan 407 suara, dengan suara PKS sebanyak 3.138 suara. Marinus Gea dari PDIP sebanyak 1.535 suara, dan Hary Tanoe sebanyak 541 suara dengan total suara Partai Perindo sebanyak 819 suara.

Perlu diketahui, data itu berasal dari rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU di 90 dari 18015 TPS (0.50%).

*/Red

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru