Pj Gubernur Banten: Penanganan Inflasi Penting Jelang Pesta Demokrasi

Pj Gubernur Banten: Penanganan Inflasi Penting Jelang Pesta Demokrasi

Al Muktabar: Inflasi Banten Terkendali, Upaya Pengendalian Terus Dilakukan

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan bahwa penanganan inflasi di daerah sangat penting, terutama menjelang pesta demokrasi tahun 2024. Ia mengungkapkan bahwa permintaan bahan pangan akan meningkat karena kebutuhan konsumsi masyarakat saat berkumpul.

Hal ini disampaikan Al Muktabar setelah menghadiri Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi di Pendopo, KP3B Curug, Kota Serang, pada Senin (12/2/2024).

“Ini berkaitan dengan aktivitas masyarakat yang banyak, salah satunya konsumsi dalam beberapa pertemuan. Tentu kita harus memantau harga dan ketersediaan bahan pangan,” kata Al Muktabar.

Menurutnya, inflasi Provinsi Banten pada Januari 2024 sebesar 2,59 persen. Angka ini merupakan gabungan inflasi Kota Serang, Kota Tangerang, Kota Cilegon, Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang.

Tren inflasi nasional sangat terkendali, dan Banten berdekatan dengan angka itu. Kalau sebelumnya ada peningkatan, sekarang sudah turun lagi,” ujarnya.

Al Muktabar menambahkan bahwa pihaknya terus melakukan upaya pengendalian inflasi secara konsisten. Salah satunya adalah memperhatikan panen raya dan pasokan bahan baku yang masih fluktuatif di beberapa daerah di Banten.

“Kita juga mengupayakan panen raya yang besar. Ini bagian dari aktivitas petani yang semoga tidak terganggu cuaca,” tuturnya.

Ia berharap, harga padi atau gabah bisa terkendalikan, sehingga memberikan efek nilai ekonomi bagi masyarakat. “Ini penting,” tegasnya.

Al Muktabar juga mengajak semua pihak untuk bermotivasi dalam mengembangkan instrumen pengendalian inflasi. Ia menilai, pengendalian inflasi bisa dilakukan dari berbagai arah.

*/Red

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru