Bawaslu RI Pantau PSU di Serang, Pastikan Berjalan Lancar dan Aman

Bawaslu RI Pantau PSU di Serang, Pastikan Berjalan Lancar dan Aman


Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja Tinjau Langsung TPS 01 Lingkungan Jengkol

BERITA FOKUS SERANG - Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja melakukan peninjauan langsung terhadap pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilu 2024 di TPS 01 Lingkungan Jengkol, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, Rabu (21/2/2024).

PSU di TPS 01 Lingkungan Jengkol dilakukan karena adanya rekomendasi dari Bawaslu Kota Serang akibat pelanggaran administrasi dan kelalaian petugas KPPS yang tidak sesuai aturan.

Rahmat Bagja yang didampingi oleh Ketua Bawaslu Provinsi Banten Ali Faisal mengatakan, kehadiran Bawaslu bertujuan untuk memastikan PSU berjalan dengan lancar dan aman.

“Kita melihat sampai saat ini berjalan lancar tidak ada masalah, dan saya kira akan selesai jam 1 nanti,” ujarnya di lokasi TPS 01.

Ia juga menyampaikan bahwa Bawaslu RI mencatat ada 1.400 TPS yang melakukan PSU di seluruh Indonesia.

“Alasan PSU bermacam-macam, ada yang memilih bukan berdomisili di TPS, ada yang kertas suara tidak tertandatangani oleh KPPS, ada yang mencoblos lebih dari sekali,” katanya.

Menurutnya, PSU seharusnya bisa dihindari dengan meningkatkan bimbingan teknis (bimtek) kepada penyelenggara pemilu.

“Bimtek kita dan seluruh penyelenggara Pemilu kedepan harus lebih baik lagi. Karena ini seharusnya bisa diantisipasi dari awal,” ucapnya.

Turut hadir dalam peninjauan tersebut, antara lain Sekda Kota Serang, Kapolres Kota Serang, Komisioner KPU Kota Serang, Komisioner Bawaslu Kota Serang, Camat Cipocok Jaya, Kapolsek Cipocok Jaya, Danramil, Lurah Banjarsari, PPK, PPS, dan instansi serta pihak terkait lainnya.

*/Red

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru