Pj Gubernur Banten Resmikan USB, RKB, dan Sarpras SMK Negeri di Kabupaten Serang

Daftar Isi

Pj Gubernur Banten

Jembatan Nyapah juga diresmikan sebagai bagian dari ekspedisi reformasi birokrasi tematik berdampak

FOKUS BANTEN - Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar meresmikan sejumlah Ruang Kelas Baru (RKB), Sarana dan Prasarana (Sarpras), Unit Sekolah Baru (USB) SMK Negeri (SMKN) di Kabupaten Serang dan Jembatan Nyapah, Kecamatan Walantaka, pada Selasa (30/1/2024).

Peresmian dilakukan secara bersamaan di SMKN 1 Baros, salah satu sekolah yang mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten. Selain USB, di sekolah ini juga diresmikan Ruang Praktek Siswa (RPS).

Di Kabupaten Serang, ada beberapa sekolah lain yang juga mendapatkan bantuan dari Pemprov Banten, yaitu SMKN 1 Cinangka, SMKN 1 Padarincang, SMKN 1 Tunjung Teja, SMKN 1 Kramatwatu, dan SMKN 1 Waringingin Kurung. Di sekolah-sekolah ini, diresmikan RKB, Sarana Utilitas, Pagar, Ruang UKS, Laboratorium, Perpustakaan, dan Ruang Praktek.

Baca juga: Kabupaten Serang Raih Kemajuan Pembangunan Berdasarkan Data BPS

Pj Gubernur Al Muktabar mengatakan, peresmian ini merupakan bagian dari ekspedisi reformasi birokrasi tematik berdampak yang gencar dilakukan oleh Pemprov Banten dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan sebagai pelayanan dasar kepada masyarakat.

“Kita berharap nanti dengan layanan pendidikan yang berkualitas, tercipta Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Ini penting sekali karena itu merupakan kata kunci dari keberhasilan kemajuan suatu bangsa,” ungkapnya.

Al Muktabar menambahkan, Pemprov sangat fokus dalam menyiapkan SDM di sekolah agar mampu menyiapkan berbagai tantangan kedepan yang berbasis vokasi yang akan bersinergi atau link and match dengan dunia industri.

“Misalnya konsen pada pendidikan masalah mesin, alat berat, lalu sekarang sudah mengarah pada kendaraan listrik termasuk energi terbarukan. Kita akan konsen ke sana, dan itu harus kita persiapkan SDM-nya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten Tabrani mengungkapkan, total sekolah yang menjadi kewenangan Provinsi untuk di Kabupaten Serang ini ada 29 unit, yang terdiri 14 SMA Negeri dan 15 SMK Negeri.

“Yang kita resmikan di awal tahun ini yakni 2 USB SMKN Baros dan 1 USB SMAN Lebak Wangi serta puluhan pembangunan RKB dan fasilitas penunjang lainnya seperti laboratorium, perpustakaan dan ruang praktek,” ucapnya.

*/Red