Penembakan di Colomadu, Satu Ormas Islam Tewas

ilustrasi penembakan


1. Kronologi Kejadian

Seorang warga bernama Yudha Bagus Setiawan asal Pengging, Banyudono, Boyolali tewas tertembak oleh orang tak dikenal (OTK) di Todan, Tohudan, Colomadu, Karanganyar pada Jumat malam, 26 Januari 2024. Korban diduga merupakan anggota ormas Islam yang hendak melakukan sweeping terhadap perjudian sabung ayam di lokasi tersebut.

Namun, saat tiba di lokasi, korban dan rekannya mendapat perlawanan dari kelompok OTK yang membawa senjata api. Akibatnya, korban tertembak dan meninggal dunia di tempat.

2. Penyelidikan Polisi

Kapolres Karanganyar AKBP Jerrold Hendra Yosef Kumontoy mengatakan, pihaknya telah menerima laporan tentang kejadian tersebut pada malam harinya. Ia menegaskan, saat ini kasus tersebut masih dalam proses penyelidikan.

“Ya, kami dapat laporan tadi malam, namun semuanya masih dalam proses penyelidikan, nanti kalau sudah selesai saya sampaikan,” kata Jerrold kepada wartawan, Sabtu, 27 Januari 2024.

Ia juga mengatakan, pihaknya sedang mendalami perkara itu sesuai dengan konstruksi dari kasus tersebut. Ia belum bisa memberikan informasi lebih lanjut tentang lokasi dan identitas korban maupun pelaku.

“Masih proses penyelidikan jadi untuk di mana lokasi dan sebagainya, kita harus menunggu data yang valid,” ujarnya.

3. Tanggapan Ormas Islam

Humas Laskar Umat Islam Surakarta (LUIS) Endro Sudarsono mengaku mengetahui informasi tentang meninggalnya anggota laskar akibat luka tembak OTK dari grup WhatsApp (WA).

“Ya saya dengar informasi itu di grup WA. Informasinya memang seperti itu meninggal dunia saat akan melakukan sweeping judi di Colomadu,” ucapnya saat dihubungi.

Endro menyebut, jenazah korban saat ini masih berada di RS Bhayangkara Semarang. Ia pun meminta aparat kepolisian untuk mengusut tuntas kasus tersebut.

Ia menambahkan, sebelum kejadian, ormas Islam tersebut telah menyerahkan surat pemberitahuan yang ditujukan kepada Kapolres Karanganyar. Surat itu memberitahukan bahwa akan ada gelaran sabung ayam di wilayah Todan, Tohudan pada Jumat siang hingga selesai. (*/Red)

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru