BKPSDM Kabupaten Serang Sidak Kehadiran ASN Pasca Libur

BKPSDM Kabupaten Serang Sidak Kehadiran ASN Pasca Libur

BERITA FOKUS
- Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) pada Selasa (2/1/2024). Sidak ini bertujuan untuk memantau kehadiran aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang pasca libur natal dan tahun baru.

Kepala BKPSDM Kabupaten Serang, Surtaman, mengatakan bahwa pemantauan dilakukan baik secara online maupun offline. Secara online, pemantauan menggunakan sistem informasi penilaian kinerja. Secara offline, pemantauan dilakukan dengan datang langsung ke kantor OPD.

"Untuk pemantauan secara konvensional, hari ini kita datang langsung ke kantor Sekretariat Daerah (Setda) meliputi ULP, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPKD), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda). Kita pantau kehadiran baik ASN ataupun non ASN,” ujar Surtaman, dikutip dari ANTARA.

Surtaman menambahkan bahwa dari hasil sidak yang dilakukan, tidak ada ASN yang bolos bekerja atau tidak hadir tanpa keterangan. Semua ASN hadir 100 persen. Hanya ada beberapa yang tidak hadir karena cuti atau sakit.

“Yang tidak hadir itu ada cuti dan sakit. Satu OPD ada sekitar satu atau dua orang,” katanya.

Sidak ini akan dilanjutkan selama satu minggu ini secara acak ke kantor-kantor OPD lainnya, hingga ke Kecamatan dan Puskesmas. Surtaman mengatakan bahwa jika ada ASN yang tidak hadir tanpa keterangan, mereka akan dipanggil untuk dilakukan pembinaan.

"BKPSDM memang sekarang sedang gencar melakukan pembinaan, artinya yang jarang masuk agar ngantor di BKPSDM nanti disuruh jaga, bersih-bersih, ikut apel awal tahun ada pegawai wajib ikut apel di BKPSDM dalam pembinaan,” jelasnya.

Surtaman juga meminta kepada para OPD untuk melaporkan ke BKPSDM jika ada pegawai yang malas bekerja terlebih jarang masuk kantor. Pihaknya menegaskan akan memberikan pembinaan dan apel selama satu bulan di BKPSDM.

“Kalau sudah benar kita balikin lagi. Kita akan nasihati, wawancara oleh asesor kami. Jadi, kami minta OPD agar melapor agar kami bina dalam mewujudkan ASN berkinerja, ASN berakhlak dan ASN berbahagia,” tuturnya. (*/Red)

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru