Aplikasi si Bang Wildan Jadi Sarana Aspirasi Pembangunan di Musrenbang RKPD 2025 Kelurahan Tinggar

Aplikasi si Bang Wildan Jadi Sarana Aspirasi Pembangunan di Musrenbang RKPD 2025 Kelurahan Tinggar

BERITA FOKUS KOTA SERANG
- Kelurahan Tinggar, Kecamatan Curug, Kota Serang, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rancangan Kerja Daerah (Musrenbang RKPD) 2025 pada Kamis (25/01/2023). Kegiatan ini merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Kepala Kelurahan Tinggar, H. Boan SE, M.Si, mengatakan bahwa sebagai pemerintah kelurahan, ia diwajibkan untuk mempersiapkan rancangan pembangunan kerja dan musyawarah untuk perencanaannya. “Rancangan ini kemudian disampaikan ke tingkat kecamatan dan kota, dalam hal ini Pemerintah Kota Serang,” ujarnya.

Ia menekankan bahwa dalam perencanaan pembangunan, harus berdasarkan atas kebutuhan skala prioritas yang benar-benar dirasakan oleh masyarakat, khususnya warga Kelurahan Tinggar. Ia juga mengapresiasi kekompakan dan sinergitas dari semua elemen, baik pemerintah, masyarakat, maupun swasta, untuk berupaya demi perkembangan dan kemajuan wilayah kelurahan.

“Usulan dan masukan dari berbagai unsur merupakan hal yang harus diserap untuk menjalankan roda pemerintahan agar bisa berjalan sesuai dengan harapan masyarakat Kelurahan Tinggar,” harapnya.

Sementara itu, Camat Curug, Eni Sudaryani S.ST, S.IP, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kecamatan Curug akan mengawal semua usulan dan pengajuan masyarakat yang disampaikan melalui Musrenbang. Ia meminta masyarakat untuk bersabar dan memaklumi jika usulan dan pengajuan belum terealisasi karena keterbatasan anggaran Pemkot.

Ia juga mengajak masyarakat untuk menyampaikan aspirasi pembangunan yang menjadi prioritas melalui aplikasi “si Bang Wildan” yang bisa diakses oleh masyarakat di masing-masing wilayah. “Aplikasi ini merupakan inovasi dari Pemkot Serang untuk mempermudah proses perencanaan dan pengawasan pembangunan,” jelasnya.

Ia berharap, dengan dilaksanakannya Musrenbang, dapat dijadikan momentum untuk memberikan aspirasi guna membangun demi kemajuan wilayah Kecamatan Curug. “Dan mudah-mudahan apa yang menjadi aspirasi dan rancangan pembangunan di wilayah masing-masing dapat terealisasi semua,” harapnya.

Acara Musrenbang RKPD 2025 turut dihadiri oleh tim monitoring dari Bappeda Kota Serang, Eka Purwanti, serta Babinsa, Bhabinkamtibmas, Puskesmas Curug, RT, RW, tokoh masyarakat, Pokmas, BKM, Forum Anak, dan tamu undangan lainnya se-Kelurahan Tinggar. Acara dilanjutkan dengan tanya jawab peserta musyawarah. (Holil)

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru