Puluhan Ribu Pesilat Banten Pecahkan Rekor MURI dengan Jurus Tapak Karuhun di Stadion Maulana Yusuf Serang

Puluhan Ribu Pesilat Banten Pecahkan Rekor MURI dengan Jurus Tapak Karuhun di Stadion Maulana Yusuf Serang

BERITA FOKUS - Sebanyak 20 ribu pesilat dari 24 peguron di Banten mencatatkan prestasi gemilang dengan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) melalui atraksi spektakuler di Stadion Maulana Yusuf Serang, Ciceri, Kota Serang, pada Minggu, 17 Desember 2023.

Tapak Karuhun, Atraksi Spektakuler dari Tiga Aliran Silat Terbesar di Banten

Pesilat Banten tersebut, yang tergabung dalam Paguyuban Peguron Serang Banten (PPSB), meraih prestasi luar biasa dengan memeragakan jurus Tapak Karuhun. Jurus ini merupakan hasil gabungan dari tiga aliran silat terbesar di Banten, yakni Terumbu, Bandrong, dan Cimande.

Rekor MURI untuk Tapak Karuhun, Prestasi Luar Biasa yang Belum Pernah Terjadi

Dewan Pembina Paguyuban Peguron Serang Banten, Brigjen Pol Nunung Syaefudin, menyatakan bahwa atraksi jurus Tapak Karuhun ini belum pernah dilakukan oleh organisasi silat manapun di Indonesia. "Kita selalu memecahkan rekor, dan hari ini kita berhasil dengan rekor jurus silat golok terbanyak, yaitu 4.000, dengan partisipasi peserta sebanyak 20 ribu orang," ujarnya.

Kampanye Damai: Mengawal Pemilu 2024 bersama Masyarakat Jawara dan Kiai

Selain meraih prestasi dalam dunia silat, acara ini juga menjadi panggung kampanye damai. Brigjen Pol Nunung Syaefudin menjelaskan bahwa Paguyuban Peguron Serang Banten bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi dan Polda Banten untuk mengajak masyarakat, khususnya kalangan jawara dan kiai, untuk mengawal Pemilu 2024 dengan damai.

"Kita berharap ada peran serta komunitas jawara ini untuk mengawal Pemilu damai 2024. Kami tidak ingin ada konflik di Banten karena Pemilu, perbedaan pandangan dianggap sebagai bagian dari demokrasi," katanya.

Kuota Masuk Polri untuk Pemuda Pencak Silat

Dalam wawancara tersebut, Nunung mengungkapkan bahwa Polda Banten berencana memberikan kuota masuk Polri bagi pemuda yang ahli dan fokus dalam pencak silat. "Kapolda akan memberikan kuota masuk polisi karena terkesan dengan peran jawara Banten ini. Beliau akan memberikan kuota, dan kita akan berkoordinasi dengan IPSI," ungkapnya.

Dukungan Pj Gubernur Banten untuk Situasi Kondusif

Pj Gubernur Banten, Al Muktabar, menambahkan bahwa kegiatan ini menunjukkan betapa pegiat kebudayaan dapat berdedikasi untuk menciptakan situasi yang kondusif. "Ini sangat baik dengan berbasis budaya, banyak hal yang bisa kita dedikasikan dengan budaya ini, agenda ini dalam rangka mendukung situasi kondusif aman damai," tuturnya.

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru