Pemprov Banten Tingkatkan Penggunaan Produk Dalam Negeri untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B)
Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B)

Meningkatkan Komitmen pada Penggunaan Produk Dalam Negeri

Curug, Kota Serang, 12 Desember 2023 - Pemerintah Provinsi Banten menegaskan komitmennya dalam meningkatkan penggunaan produk dalam negeri melalui berbagai program dan kegiatan. Pernyataan ini disampaikan oleh Virgojanti, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Banten, dalam acara Business Matching P3DN di Plaza Aspirasi, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), pada Selasa (12/12/2023).

Dorong Pertumbuhan Ekonomi dan Lapangan Pekerjaan

Virgojanti menyatakan bahwa peningkatan penggunaan produk dalam negeri merupakan komitmen bersama antara pemerintah pusat dan daerah. Tujuan utamanya adalah memberikan nilai tambah dan mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat. Menurutnya, penggunaan produk dalam negeri dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan pekerjaan.

"Tentu dengan semakin banyak usaha industri yang dikembangkan di dalam negeri, ini akan menyerap tenaga kerja dan sebagainya. Jadi hulu dan hilirnya dapat berkembang serta nanti akan berdampak juga terhadap pertumbuhan ekonomi," ungkap Virgojanti.

Mendorong Perusahaan Lokal dan Nilai Tambah

Selain dampak positif terhadap tenaga kerja, Pj Sekda Banten juga menekankan bahwa kebijakan ini dapat mendorong perusahaan-perusahaan untuk membuka cabang di suatu daerah. Hal ini dapat terjadi apabila semua pihak dapat beralih kepada komponen dalam negeri dalam setiap kegiatan pembangunan.

"Jadi intinya ini untuk penciptaan nilai tambah, banyak sekali hal-hal positif yang kita dapatkan dalam rangka upaya mendorong dan membangun suatu komitmen bersama yang bertumpu pada produk dalam negeri," tambahnya.

Komitmen Bersama dari Pemerintah Kabupaten/Kota

Virgojanti mengajak pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten untuk bersama-sama berkomitmen dalam memprioritaskan penggunaan komponen dalam negeri. Hal ini terutama dalam proses pengadaan barang dan jasa untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami memprioritaskan penggunaan komponen dalam negeri dalam rangka proses pengadaan barang jasa untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," jelasnya.

Business Matching P3DN Sebagai Wadah Pertemuan Pelaku Industri

Business Matching P3DN, yang dihadiri oleh perusahaan, Industri Kecil dan Menengah (IKM), dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemprov Banten, dijelaskan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten, Babar Suharso, sebagai wadah mempertemukan pelaku industri yang menghasilkan produk bersertifikat TKDN di Provinsi Banten.

"Ini juga untuk memetakan kebutuhan barang dan jasa dari perangkat daerah di Provinsi Banten," ujarnya.

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru