Pemprov Banten Mulai Pengadaan Lahan untuk Pembangunan GITET 500 KV Cikande

Daftar Isi

kp3b provinsi banten

BERITA FOKUS
Pemprov Banten melalui DPRKP Banten telah mengumumkan rencana pengadaan lahan untuk pembangunan Gardu Induk Tegangan Tinggi (GITET) 500 KV Cikande, Kabupaten Serang. Pembangunan GITET ini bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan, keandalan dan kualitas listrik di wilayah Banten dan sekitarnya.

Kepala DPRKP Banten, M. Rachmat Rogianto, mengatakan bahwa rencana pengadaan lahan sudah dimulai sejak 25 Oktober 2023. “Pengadaan tanah ini perlu dilakukan untuk mendukung pembangunan GITET 500 KV Cikande beserta outlet transmisi terkait. Pengadaan tanah ini diharapkan dapat menunjang pembangunan,” ujarnya, Rabu (6/12/2023).

Menurut Rachmat, lokasi pembangunan GITET 500 KV Cikande beserta outlet transmisi terkait berada di Desa Ketos, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang. Luas lahan yang dibutuhkan adalah sekitar 15 hektare.

Rachmat menjelaskan bahwa proses pengadaan lahan didasari oleh Peraturan Menteri ATR/BPN Nomor 19 Tahun 2021 dan dokumen perencanaan pengadaan tanah dari General Manager PT. PLN (Persero) Unit Pembangunan Jawa Barat. “Dalam tahapan pengadaan lahan, kita sudah melakukan beberapa tahapan, mulai dari perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan penyerahan hasil,” katanya.

Rachmat menambahkan bahwa proses pengadaan lahan membutuhkan waktu sekitar enam bulan. Sedangkan untuk pembangunan GITET 500 KV Cikande beserta outlet transmisi terkait membutuhkan waktu hingga 18 bulan.

Pada 25 Oktober 2023, Setda Pemprov Banten telah mengeluarkan pengumuman tentang GITET 500 KV Cikande beserta outlet transmisi terkait. Pengumuman ini ditandatangani oleh Plt Asisten Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat Setda Pemprov Banten, Komarudin, selaku Ketua Tim.