Camat Curug Tinjau Program STBM di Empat Kelurahan

Camat Curug Tinjau Program STBM di Empat Kelurahan

BERITA KOTA SERANG
-  Camat Curug, Eni Sudaryani, melakukan pemantauan terhadap program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di empat kelurahan di wilayahnya, Kamis (14/12/2023). Ia didampingi oleh Ketua Forum Masyarakat (Formas) sekaligus Ketua STBM Kecamatan Curug, Ade Burhanudin, dan perwakilan dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Provinsi Banten.

Empat kelurahan yang menjadi lokasi program STBM adalah Cilaku, Sukawana, Kamanisan, dan Curug Manis. Program ini bertujuan untuk mendorong masyarakat agar tidak buang air besar sembarangan dan menggunakan jamban yang layak. Selain itu, program ini juga mengajarkan lima pilar STBM, yaitu cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan, pengelolaan sampah, dan pengelolaan limbah cair.

STBM merupakan salah satu program unggulan Kecamatan Curug yang sebelumnya telah selesai dilaksanakan di enam kelurahan dengan memakai anggaran bantuan hasil swadaya dari perusahaan, donatur, dan ada dari Baznas, PUPR, dan lain-lain,” ujar Eni Sudaryani.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perkim Provinsi Banten yang telah membantu pembangunan STBM di wilayah Kecamatan Curug. Ia berharap program ini dapat membantu masyarakat agar tidak buang air sembarangan demi terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat.

Mudah-mudahan kedepan akan lebih terjalin sinergitas antara Dinas Perkim dengan Kecamatan Curug dan membantu setiap program yang ada di Kecamatan Curug,” harapnya.

Ia menambahkan bahwa Kecamatan Curug yang paling terdekat dengan pusat pemerintahan Provinsi Banten, masih sangat memerlukan bantuan untuk membangun, baik membangun infrastruktur, sarana prasarana, dan lainnya demi menunjang SDM masyarakat yang lebih baik dan kemajuan Kecamatan Curug.

Sementara itu, Ade Burhanudin mengapresiasi dan berterima kasih kepada Dinas Perkim Provinsi Banten yang telah membantu program STBM di Kecamatan Curug. Ia mengatakan bahwa dengan adanya bantuan ini, program STBM bisa berjalan untuk membantu masyarakat Kecamatan Curug yang belum memiliki tempat untuk buang air.

“Dan saya berharap apa yang sudah diberikan Perkim kepada masyarakat bisa bermanfaat dan dipergunakan dengan sebaik-baiknya, demi terciptanya wilayah Kecamatan Curug menjadi wilayah yang bebas dari buang air sembarangan, agar bersih, nyaman, dan sehat untuk ditempati,” tambahnya.

(Holil)

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru