Ajudan Prabowo Subianto Viral Pakai Seragam Paslon Nomor 2 Saat Debat Capres, Ini Kata Mabes TNI

Daftar Isi

Ajudan Prabowo Subianto Viral Pakai Seragam Paslon Nomor 2 Saat Debat Capres, Ini Kata Mabes TNI

FOKUS BERITA JAKARTA
- Mabes TNI angkat bicara terkait viralnya ajudan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Mayor Teddy Indra Wijaya, yang menonton debat perdana capres 2024 mengenakan seragam pasangan calon nomor urut 2, Prabowo-Gibran.

Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda Julius Widjojono menyatakan bahwa kehadiran Teddy dalam debat perdana capres yang digelar di KPU RI, Jakarta Pusat, pada Selasa (12/12) malam, adalah dalam rangka tugas sebagai ajudan Menhan.

“Dia hanya ajudan yang mengikuti kegiatan Menhan. Tidak mewakili institusi TNI atau kepentingan pribadi,” kata Julius seperti yang dikutip dari Suara.com, Senin (18/12/2023).

Julius menegaskan bahwa Teddy tidak menunjukkan sikap TNI dalam Pilpres 2024. Ia juga mengatakan bahwa Teddy tidak melakukan pelanggaran dengan mengenakan kemeja biru yang merupakan seragam kampanye Prabowo-Gibran.

“Sejauh ini belum ada pelanggaran yang dilakukan Teddy dalam momen debat perdana capres,” ujar Julius.

Julius menjelaskan bahwa akan berbeda jika Teddy atau prajurit aktif lainnya secara sadar mengikuti kegiatan Prabowo atas kehendaknya sendiri. Hal itu akan dianggap sebagai pelanggaran dan akan salah jika mereka menggunakan seragam militer saat itu.

“Akan berbeda jika yang bersangkutan atau prajurit aktif lainnya, misalkan karena kehendaknya sendiri lalu ikutan kampanye dan akan salah jika yang bersangkutan gunakan seragam militer saat itu,” tutur Julius.

Teddy Sempat Jadi Ajudan Presiden Jokowi

Sebelumnya, foto Teddy yang menonton debat perdana capres bersama tim Prabowo-Gibran viral di media sosial X. Teddy tampak berdiri di belakang cawapres Prabowo, Gibran Rakabuming Raka dan Ketua TKN Provinsi Banten, Airin Rachmi Diany.

Foto tersebut mendapat komentar dari akun X @UmarSyadarHsb_ _ yang mempertanyakan status Teddy yang masih berstatus prajurit TNI aktif. Akun tersebut juga meminta penjelasan dari Bawaslu RI.

“Halo bawaslu RI. Teddy ini adalah TNI aktif knp dia ikut dlm barisan tim Prabowo? Knp kalian gak tegur org ini. @bawaslu_RI Emang boleh TNI aktif msk dlm lingkarang timses prabowo gini?” cuit dia.

“Tolong kalian jelaskan,” imbuhnya.

Teddy merupakan ajudan pribadi Prabowo Subianto yang juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan. Sebelum bertugas sebagai ajudan Menhan, Teddy sempat bertugas menjadi ajudan Presiden Joko Widodo periode 2014-2019.